Kompas.com - 14/04/2022, 11:15 WIB

KOMPAS.com – Jika kamu tertarik menjadi guru sekolah dasar, maka tidak ada salahnya mencoba Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan.

Jalur ini diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Unnes dalam rangka meningkatkan calon guru Sekolah Dasar yang unggul yang dilanjutkan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Maret hingga 30 Mei 2022 melalui laman pendaftaran http://penerimaan.unnes.ac.id.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri UI 2022? Ini Jadwal SIMAK UI 2022 dan Biaya Kuliah

Lalu bagaimana persyaratan mengikuti SM-Unnes Jalur PGSD Unggulan?

Dilansir dari laman Unnes, mereka yang bisa mendaftar adalah siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2022 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah. Syarat lainnya, sebagai berikut ini.

Persyaratan umum

1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2022 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah

2. Sanggup mematuhi etika dan tata tertib Mahasiswa Unnes serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan 1 atau 2 (semester 1-8) dan diakselerasi untuk mengikuti PPG Prajabatan.

Baca juga: Ayo Daftar! UGM Buka 4 Jalur Prestasi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Persyaratan khusus

1. Nilai rapor semester 1-5 mata pelajaran Bahasa Inggris, rumpun atau mata pelajaran IPA, rumpun atau mata pelajaran IPS, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Bahasa Indonesia pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat minimal 8 dengan dibuktikan dokumen rapor atau transkrip nilai atau dokumen resmi lainnya.

2. Mengikuti Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

3. Mengikuti tes wawancara.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.