Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade Informatika 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 16:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek terus berbenah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah International Olympiade in Informatics (IOI) pada Agustus 2022.

Salah satu rangkaian persiapan adalah dengan digelarnya International Olympiade in Informatics (IOI) 2022 Winter Meeting yang digelar pada 11-15 April 2022 di Yogyakarta dan dihadiri 17 peserta yang merupakan delegasi komite dari 10 negara.

Winter Meeting dihadiri oleh International Committee (IC), International Technical Committee (ITC), International Scientific Committee (ISC) dan panitia penyelenggara merupakan kegiatan yang dilakukan enam bulan sebelum pelaksanaan IOI.

Winter Meeting bertujuan mendiskusikan rencana-rencana pelaksanaan IOI 2022 serta memastikan kesiapan tuan rumah dalam penyelenggaraan kompetisi serta memberikan rekomendasi-rekomendasi terkait pelaksanaannya.

Sepuluh negara yang termasuk dalam International Committee meliputi Australia, Singapura, Indonesia, Hungaria, Mesir, Latvia, Brazil, Macedonia, Chile, dan Azerbaijan.

Presiden IOI Benjamin Burton menyampaikan optimismenya, IOI mendatang akan terselenggara dengan baik.

Pihaknya juga mengapresiasi keputusan unik yang diambil untuk kembali menyelenggarakan IOI secara langsung setelah sempat dua tahun dilakukan secara daring karena dampak pandemi global Covid-19.

Dalam kesempatan sama, Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi menekankan tujuan kegiatan IOI bukan sekadar meraih medali namun yang lebih penting adalah mengembangkan pendidikan bidang teknologi informasi bagi generasi muda.

"IOI diharapkan juga meningkatkan kesadaran siswa akan aksi global dalam menyuarakan tujuan pembangunan berkelanjutan, the internet of things, big data dan era Metaverse, yang diharapkan akan terealisasi dan memberi kebermanfaatan bagi umat manusia di seluruh dunia," ujar Asep Sukmayadi.

Baca juga: 5 Profesi Jurusan Informatika Ini Laris di Masa Depan

Sebagai informasi, tahun 2022 ini IOI ke-34 akan diadakan di Indonesia, yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah pada saat penyelenggaraan IOI 2018 di Tsukaba, Jepang.

Penyelenggaraan IOI 2022 di Indonesia merupakan kerja sama berbagi pihak, terutama Puspresnas Kemendikbud Ristek serta didukung Asosiasi Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia.

IOI sendiri merupakan suatu agenda tahunan di bidang informatika yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di bidang informatika, selain untuk mempertemukan siswa dari berbagai negara yang memiliki kemampuan dan minat yang sama.

Indonesia sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini sejak tahun 1995 pada saat penyelenggaraan IOI ke-7 di Eindhoven, Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com