Kompas.com - 12/04/2022, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 akan ditutup Jumat 15 April 2022 mendatang.

Siswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi melalui jalur UTBK SBMPTN 2022, segera lakukan pendaftaran.

Berbeda dengan jalur Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), saat mendaftar SBMPTN 2022, siswa harus mengikuti ujian seleksi.

Selain itu peminat UTBK SBMPTN 2022 pastinya juga akan lebih banyak jika dibandingkan pendaftar di SNMPTN. Persaingan merebut tempat di PTN juga makin ketat.

Sehingga siswa pelru persiapan belajar dan banyak latihan soal. Tak hanya itu, siswa juga harus cermat memilih program studi agar peluang diterima di PTN makin terbuka lebar. Salah satu strategi yang bisa dilakukan dengan melihat angka keketatan di tiap program studi (prodi).

Baca juga: UTBK SBMPTN 2022, Simpan Permanen Akun LTMPT Ditutup Hari Ini

Ikut UTBK SBMPTN 2022, harus cermat pilih prodi

Menurut Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, persiapan menghadapi UTBK SBMPTN perlu dilengkapi dengan kecermatan mengamati berapa jumlah peserta tahun lalu di sebuah program studi.

"Makin banyak peminat di sebuah program studi, maka tentu saja makin ketat kompetisinya," ujar Iwan seperti dikutip dari laman Unej, Selasa (12/4/2022).

Iwan menjelaskan, calon peserta UTBK SBMPTN bisa menyesuaikan pilihan prodi dengan kemampuan akademis masing-masing agar kesempatan diterima di PTN makin terbuka.

"Jangan ragu membuka data keketatan masing-masing program studi yang sudah ada di laman resmi LTMPT," urai Iwan Taruna.

Baca juga: Cerita 3 Mahasiswa Termuda Unesa, Lolos SNMPTN 2022 di Usia 16 Tahun

Luaskan horizon pilihan prodi

Iwan Taruna menganjurkan peserta SBMPTN agar meluaskan horizon pilihan program studi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.