Kompas.com - 06/04/2022, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Lebih dari 34.000 kursi dipersiapkan Universitas Diponegoro (Undip) selama Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. Persiapan ini, dilakukan Undip untuk para peserta yang tidak lolos SNMPTN 2022.

Hal ini, ditegaskan langsung oleh Wakil Rektor I bidang Akademik Undip, Prof. Faisal. Ia meminta, bagi mereka yang tidak lolos SNMPTN bisa mencoba jalur ini.

“Bagi peserta yang belum lolos jalur SNMPTN 2022, jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan masuk perguruan tinggi negeri pada jalur yang lain. Pagelaran UTBK akan segera dimulai, pendaftaran akan dimulai dengan memilih program studi untuk jalur SBMPTN 2022 mulai 23 Maret 2022”, dilansir dari laman Undip.

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Tinggi Badan Intelijen Negara 2022, Kuliah Gratis Jadi CPNS

"Saat ini, Undip memiliki lebih dari 2200 PC yang dapat digunakan untuk UTBK, sesuai protokol Covid, perangkat tersebut hanya digunakan separuhnya, yakni 1225 kursi untuk UTBK," jelasnya.

Pada saat UTBK pertama kali dilaksanakan, Undip termasuk penyedia komputer terbanyak untuk pelaksanaan UTBK.

Jumlah kursi untuk UTBK ini sudah melebihi kapasitas dari yang ditetapkan oleh LTMPT. "Semua fasilitas adalah milik Undip (tidak dikerjasamakan dengan institusi lain),” lanjutnya.

Ditambah pula ruang yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK di kampus Undip yang berada di Tembalang maupun Pleburan semuanya dipasang AC, sehingga nyaman dan tenang bagi para peserta.

“Adapun info penting yang perlu dicatat, untuk test UTBK gelombang 1 akan dilaksanakan pada tanggal 17 - 23 Mei 2022. Menyusul gelombang 2 pada tanggal 28 Mei - 3 Juni 2022. Penyelenggaraan test adalah pagi dan siang, kecuali untuk yang memilih campuran. Total sesi untuk test gelombang 1 dan gelombang 2 adalah 28 sesi (14 hari)," katanya mengingatkan.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Sekolah Tinggi BMKG 2022, Lulus Jadi CPNS

Jika calon mahasiswa memilih Undip lewat jalur SBMPTN 2022, tingkatkan peluang dengan mengetahui jurusan mana saja yang diminati dan jurusan yang paling sedikit diminati. Dilansir dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), berikut daftarnya.

Jurusan paling diminati SBMPTN Undip 2021

Saintek

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.