Kompas.com - 05/04/2022, 12:37 WIB
|

KOMPAS.com - Tak lama lagi, penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 bakal digelar. Tentu, calon siswa, orangtua, guru maupun sekolah harus mempersiapkan diri dengan baik.

Hal ini karena tahun ajaran 2021/2022 akan segera berakhir. Sehingga PPDB tahun ajaran 2022/2023 akan dimulai.

Tentunya, tahapan PPDB 2022 akan dimulai dari pengumuman terbuka, pendaftaran, hingga daftar ulang. Karena itu, calon peserta didik harus paham.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (1/4/2022), ini tahapan PPDB 2022.

Tahapan PPDB 2022

Pengumuman terbuka

Adapun pengumuman tentang informasi PPDB 2022 dilakukan secara terbuka oleh pemerintah daerah masing-masing. Informasi tentang PPDB ini selambat-lambatnya diumumkan pada minggu pertama bulan Mei.

Di dalam pengumuman tersebut, ada beberapa informasi yang akan disampaikan oleh pemda. Pengumuman paling sedikit memuat informasi mengenai:

  • persyaratan calon peserta didik sesuai jenjang
  • tanggal pendaftaran
  • jalur pendaftaran
  • jumlah daya tampung yang tersedia
  • tanggal penetapan pengumuman hasil seleksi PPDB 2022

Pendaftaran PPDB 2022

Adapun pendaftarannya masih dilaksanakan secara daring, ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pendaftaran secara daring dilaksanakan dengan menggunakan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan ke laman pendaftaran PPDB yang telah ditentukan.

Baca juga: Siswa, Ini Pengertian Atmosfer dan Fungsinya

Pelaksanaan mekanisme pendaftaran PPDB secara daring menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Akan tetapi, jika fasilitas jaringan kurang memadai maka PPDB dapat dilaksanakan secara luring dengan melampirkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.

Seleksi PPDB 2022

Untuk proses seleksi dibagi ke dalam 4 jalur, yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua/wali, dan juga jalur prestasi. Masing-masing jalur memiliki kriteria yang berbeda-beda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.