Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Kristen Ipeka Siap Hadirkan Kurikulum Internasional di Makassar

Kompas.com - 03/04/2022, 21:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Kristen Ipeka berupaya menjawab pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia Timur dengan menghadirkan Ipeka Center Point of Indonesia (CPI) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya Sekolah Kristen Ipeka Makassar sudah hadir sejak tahun1998, sehingga kehadiran Ipeka CPI diharapkan dapat semakin menghadirkan pilihan sekolah berkualitas di sana. Gedung Ipeka CPI diperkirakan selesai pada Mei 2023.

Prosesi peletakan batu pertama Ipeka CPI Makassar dilakukan pada 1 April 2022 dan dihadiri Ketua Umum Sinode GKY, Pdt. Yohanes Adrie, Ketua Yayasan Ipeka, Erwin Tenggono, serta Direktur Utama Operasional Ipeka, Pdt. Handojo.

Direktur Utama Operasional Ipeka, Pdt. Handojo melalui rilis resmi (2/3/2022) menyampaikan, Ipeka CPI dipersiapkan untuk menerapkan kurikulum berstandar internasional yang mengedepankan pendidikan berbasis teknologi dan literasi.

Ipeka CPI mensyratakan guru atau tenaga pendidik harus memiliki kemampuan mengajar dalam Bahasa Inggris, serta memiliki kemampuan digital yang baik. Selain itu, para guru juga harus memiliki spiritualitas baik, karena guru harus membimbing siswa dalam segala aspek sekaligus menjadi teladan.

“Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar di Ipeka CPI, para guru dan pemimpin yang melayani di Ipeka CPI sudah kami persiapkan lebih awal sebelum sekolah ini beroperasi," ungkap Pdt. Handojo.

"Para guru akan dibekali dengan pelatihan-pelatihan yang dapat melengkapi kemampuan mereka dalam menerapkan pembelajaran di Ipeka CPI," tambahnya.

Ipeka CPI mengambil lokasi di CitraLand City Losari Makassar yang terbilang strategis karena terletak di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Pengembangan kawasan ini merupakan bagian dari visi kawasan baru “The Center Point of Indonesia.”

Baca juga: Ground Breaking Sekolah Citra Kasih Jadi Momentum Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Menggunakan kurikulum internasional

Sekolah Kristen Ipeka CPI akan melayani mulai jenjang Nursery (Kelompok Bermain) hingga SMA yang akan dibuka secara bertahap. Penerimaan Murid Baru rencana akan dimulai pada September 2022.

Kurikulum yang digunakan di Sekolah Kristen Ipeka CPI adalah kurikulum berstandar internasional yang disesuaikan dengan mengedepankan pendidikan berbasis teknologi dan literasi.

Proses pembelajaran banyak memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan chromebook sebagai media utama pembelajaran.

Proses tatap muka di kelas juga lebih difokuskan pada kelas yang interaktif untuk mengembangkan keterampilan abad 21 bagi murid, yaitu: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity melalui aktivitas diskusi, debat, dan sebagainya.

Dalam proses pembelajarannya, Sekolah Kristen Ipeka CPI akan selalu menanamkan lima nilai inti yaitu melayani, disiplin, integritas, pembelajar seumur hidup, dan saling menghargai.

Sekolah Kristen Ipeka juga menekankan para murid memiliki empati serta menghargai keberagaman.

Baca juga: I3L dan ISB Gelar Pameran Pendidikan Internasional 2022

Fasilitas yang tersedia di Ipeka CPI selain ruang kelas, antara lain; lapangan basket, lapangan voli, laboratorium sekolah, taman bermain anak, perpustakaan, aula, dan ruang terbuka untuk murid beraktifitas.

“Kami berharap dengan hadirnya Ipeka CPI di kota Makassar dapat menjadi partner orangtua dalam mempersiapkan masa depan anak sesuai dengan potensi dan passion mereka, agar kelak dapat menjadi orang berguna bagi kemajuan Indonesia dan memuliakan Tuhan," tutup Pdt. Handojo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com