Kompas.com - 16/03/2022, 17:33 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengumumkan pembukaan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2022.

Tahun ini pendaftaran PBSB 2022 telah dibuka pada 15 Maret hingga 15 April 2022.

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan, tahun ini ada 600 kuota PBSB. Kuota tersebut terdiri atas 80 pilihan program studi yang tersebar di 26 Perguruan Tinggi Mitra PBSB dalam negeri.

"PBSB 2022 sudah dibuka. Kami undang santri untuk mendaftar. Ada 80 pilihan program studi pada 26 perguruan tinggi," ujar Waryono Abdul Ghafur dilansir dari laman kemenag.go.id.

Baca juga: Ada Beasiswa Sekolah Kedinasan dari Baznas, Ini Syarat dan Cakupannya

Waryono menuturkan pilihan program studi (prodi) mulai dari Keagamaan, Manajemen Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, Sosial Humaniora, Pertanian, serta beberapa Prodi Vokasi. Santri pendaftar hanya diperbolehkan memilih satu program studi.

PBSB berupa beasiswa penuh bagi santri yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan tinggi.

Waryono mengingatkan pengelola PBSB menjaga proses tata kelola dan manajemen pelaksanaan seleksi ini secara terbuka dan akuntabel.

“Sehingga, semua santri bisa mendapat kesempatan sama untuk dipilih yang terbaik,” tegas Waryono.

Jenis beasiswa yang diberikan, antara lain sebagai berikut:

  • Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan
  • Beasiswa penuh untuk Pendidikan Profesi paling lama 24 bulan
  • Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) paling lama 24 bulan.

Baca juga: Universitas Brawijaya Buka Pendaftaran Jalur Prestasi, Ini Syaratnya

Seleksi PBSB melalui sistem terbuka dan berbasis elektronik. Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang Said, mengingatkan pesantren memahami mekanisme pendaftaran PBSB online.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.