Kompas.com - 15/03/2022, 15:30 WIB

Peresensi: Sarah Rahma Kamila

KOMPAS.com - Buku Literasi Digital Santri Milenial karya Gus Abdulloh Hamid menekankan para santri, khususnya santri milenial untuk belajar bersama dalam menerima, mengolah, hingga menyebarkan informasi dari dunia digital yang derasnya makin tak terbendung.

Hal yang dibahas dalam buku ini antara lain Sekapur Sirih dari H. Yaqut Cholil Qoumas dan Hj. Ida Fauziah, Karakteristik Santri, Santri Milenial, Profil Komunitas Santri Milenial, Literasi Digital, dan Tradisi Pesantren.

Selain itu, dalam buku ini terdapat beberapa gambar pemetaan dan bagan-bagan sederhana untuk menjelaskan materi secara praktis agar pembaca lebih mudah memahaminya.

Baca juga: Mengenal Umar, Inovator Gerakan Sekolah Madrasah Berkelas Dunia

Pengemasan bahasa dalam buku ini terbilang mudah untuk dipahami. Walaupun materi yang disajikan cukup berat.

Namun penulis dapat menjelaskannya dengan detail seperti menambahkan undang-undang, pendapat dari para tokoh, istilah-istilah tertentu, ayat Al-Qur’an, hadis, dan saran yang membuat pembaca percaya dan yakin atas kebenaran isinya.

Beberapa quotes yang ditandai dengan frame biru tua, juga menjadi daya tarik buku ini.

Gus Hamid menambahkan latar belakang dari beberapa kiai idola santri milenial dalam bukunya, sehingga para santri semangat untuk mengikuti mereka dalam menuntut ilmu.

Serta selalu berjuang dalam berdakwah, dan begitu juga dengan rekomendasi website-website yang dapat membantu santri mengetahui lebih dalam tentang dakwah Islam saat ini.

Kaver buku Literasi Digital Santri Milenial sangat menarik dengan warna biru muda terang, disertai beberapa gambar media sosial, tulisan bahasa Arab, dan dimensi lainnya yang sangat menggambarkan santri milenial.

Baca juga: Politeknik Nuklir Indonesia Milik BRIN Buka Kuliah Gratis 2022, Ayo Daftar

Judul Buku : Literasi Digital Santri Milenial
Tema : Motivasi Islami
Penulis : Dr. Abdullah Hamid, M.Pd.
Penerbit : Quanta PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2021
Tebal : 231 halaman
Harga : Rp75.000

Buku Literasi Digital Santri Milenial dapat dipesan melalui:
https://www.gramedia.com/products/literasi-digital-santri-milenial?queryID=8938edee3ef3e1ef87fd4ce720402f5a

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.