Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, 4 Binatang Ini Punya Insting Kuat untuk Deteksi Bencana Alam

Kompas.com - 11/03/2022, 13:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Bencana alam datang tanpa bisa diprediksi oleh teknologi sekalipun. Sejauh ini, manusia belum bisa memprediksi terjadinya bencana alam. Seperti gempa bumi, angin kencang, tanah longsor dan beberapa bencana alam lainnya.

Manusia bisa memprediksi potensi terjadinya tsunami setelah terjadi gempa bumi dengan adanya teknologi early warning system.

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa binatang yang memiliki kemampuan bisa merasakan datangnya bencana alam.

Binatang memiliki indera untuk mendeteksi terjadinya bencana alam ini bahkan sudah dipercaya sejak zaman dahlu. 

Baca juga: SPMB STAN 2022 Dipastikan Gunakan Nilai UTBK Lagi

Perlu diketahui bahwa bencana gempa menciptakan getaran halus di tanah dan di air. Sedangkan badai melahirkan gelombang elektromagnetik di atmosfer. Dengan indera yang dimiliki binatang, mereka bisa mengetahui terjadinya bencana jauh lebih cepat dibandingkan manusia.

Binatang yang bisa mendeteksi terjadinya bencana alam

Melansir dari akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jumat (11/3/2022), ada beberapa binatang yang memiliki insting saat akan terjadi bencana alam. Yuk simak bersama binatang apa saja yang punya insting terhadap bencana alam.

1. Burung

Burung dapat mendengar infrasound yang bisa membuat mereka mengenali datangnya badai dan tsunami.

2. Anjing

Kekuatan indera perasa anjing bisa mencapai 10.000 kali lebih kuat dari manusia. Hal ini membuat anjing mampu merasakan perubahan suhu sebelum terjadi gempa bumi. Biasanya anjing akan merasa takut dan tubuhnya gemetar sebelum terjadi bencana alam.

Baca juga: Astra Honda Motor Buka Lowongan Kerja bagi S1 Banyak Jurusan

3. Gajah

Gajak memiliki kepekaan tinggi dan indera pendengaran yang tajam. Tiga perempat bahasa gajak bersifat infrasonik sehingga tidak bisa dipahami oleh manusia.

Saat akan terjadi bencana alam, biasanya gajah akan tiba-tiba gelisah bahkan menangis.

4. Semut merah

Semut merah punya kebiasaan mencari makanan di siang hari dan berjaga-jaga di malam hari. Tetapi kebiasaan ini akan terbalik saat akan terjadi bencana alam. Mereka akan mencari makan di malam hari dan berjaga-jaga di siang hari.

Baca juga: Ditutup 20 Maret, Intip Syarat Daftar Jalur Prestasi Undip 2022

Itulah 4 binatang yang memiliki insting kuat saat akan terjadi bencana alam. Meski tidak memiliki insting memprediksi terjadinya bencana, masyarakat harus tetap waspada.

Selain itu masyarakat juga bisa mencari informasi tentang mitigasi bencana untuk menekan risiko jika terjadi bencana alam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com