Kompas.com - 11/03/2022, 11:59 WIB

KOMPAS.com - Saat ini bisa kuliah di luar negeri bukan menjadi sesuatu yang tidak mungkin. Pasalnya banyak program beasiswa yang memfasilitasi mahasiswa bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Selain itu juga banyak jasa konsultan pendidikan luar negeri yang bisa dimanfaatkan. Namun untuk bisa meraih beasiswa di luar negeri juga butuh perjuangan. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa lolos dan menjadi penerima beasiswa.

Dosen Hubungan Internasional Universitas Brawijaya (UB), Pantri Muthriana Erza Killian memberikan tips agar berhasil mendapatkan beasiswa luar negeri.

Erza Killian menyelesaikan kuliah magister dan doktornya di luar negeri dengan akses beasiswa. Dia menyelesaikan kuliah magister di International Economics & Finance, University of Queensland Australia.

Baca juga: Astra Honda Motor Buka Lowongan Kerja bagi S1 Banyak Jurusan

Sementara gelar doktor dia dapat di Politics & International Studies, University of Leeds Inggris. Berikut tiga tips lolos beasiswa ke luar negeri ala dosen Universitas Brawijaya:

1. Menentukan substansi studi

Dalam menentukan substansi studi, Erza Killian menyarankan dua hal. Pertama, menentukan topik penelitian yang akan diambil dan menyusun daftar supervisor potensial terutama bagi yang melemar beasiswa untuk doktor. Sementara untuk magister, topik penelitian akan berguna saat penyusunan tesis.

"Untuk topik penelitian yang akan diambil ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu originality, feasibility dan Community," kata Erza seperti dikutip dari laman UB, Jumat (11/3/2022).

Untuk originality, Erza menyarankan topik penelitian yang diambil sebaiknya mempunyai kontribusi empiris atau teoritis atau bahkan keduanya.

"Cari juga apakah ada elemen kebaruan dari topik penelitian yang diambil," paparnya.

Di aspek feasibility, Erza menilai penelitian dilakukan harus memperhatikan apakah penelitian bisa dikerjakan dalam durasi yang telah ditentukan. Adakah data yang diperlukan, akses data serta pendanaan penelitian.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.