Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup 20 Maret, Intip Syarat Daftar Jalur Prestasi Undip 2022

Kompas.com - 11/03/2022, 08:00 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) membuka kesempatan bagi siswa berbakat dan berprestasi untuk mendaftar melalui jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Pendaftaran calon mahasiswa Undip melalui jalur SBUB masih dibuka hingga 20 Maret 2022 mendatang.

"Kami memahami bahwa dalam dua tahun ini, event kejuaraan sangat terbatas. Kami menginfokan bagi siswa bahwa di Undip membuka jalur pendaftaran bagi siswa berbakat. Segera mendaftar, pendaftaran melalui jalur SBUB dibuka sampai dengan 20 Maret 2022," urai Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip Paramita Prananingtyas seperti dikutip dari laman Undip, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Dokter RSA UGM Tanggapi Video Kuku Penyintas Covid-19 Menyala Kena Sinar UV

Kesempatan emas jadi mahasiswa Undip lewat jalur SBUB

Paramita menerangkan, Seleksi Bibit Unggul Berprestasi atau yang disingkat dengan SBUB merupakan jalur seleksi masuk program Sarjana (S1) dan Vokasi (termasuk PSDKU) Undip.

Jalur SBUB ini dibuka berdasarkan prestasi bakat atau keterampilan selama SMA/MA/SMK/MAK pada skala nasional maupun internasional dan jenjang provinsi minimal juara pertama.

"SBUB ini merupakan kesempatan emas bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi juara 1 sampai dengan 3 untuk tingkat nasional dan internasional. Serta juara 1 untuk tingkat provinsi," ungkap Paramita.

Dia menambahkan, melalui jalur SBUB Undip ini, para siswa berprestasi memiliki peluang besar untuk menjadi calon mahasiswa Undip dengan mengikuti tes sesuai dengan bakat dan keterampilan mereka saat masih di SMA/MA/SMK/MAK.

Baca juga: BUMN Rajawali Nusindo Buka Lowongan Kerja bagi D3, Buruan Daftar

Syarat daftar SBUB Undip

Adapun persyaratan untuk mendaftar SBUB antara lain:

1. Lulusan 3 tahun terakhir dari SMA/MA/SMK/MAK yakni lulus tahun 2020, 2021, 2022.

2. Memiliki nilai rapor per semester 70 (skala 100).

3. Lulus ujian sekolah.

4. Tidak pernah tinggal kelas.

5. Pilihan program studi sesuai persyaratan asal SMA/MA/SMK/MAK.

Paramita menyampaikan, sebelumnya Undip telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2022 yang ditutup pada tanggal 28 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Naik, Pakar Unpad: Perlu Waspadai Mafia Pangan

 

Peminat Undip jalur SNMPTN 2022 alami peningkatan

Jumlah peminat melalui jalur SNMPTN mengalami peningkatan. Sebelumnya peminat yang mendaftar Undip pada SNMPTN tahun 2021 berjumlah 30.763.

Sedangkan pada SNMPTN 2022 peminat naik menjadi 34.923 sudah termasuk dari program KIP (Kartu Indonesia Pintar) sebanyak 1.603.

Adapun animo pendaftar untuk program Soshum, di peringkat pertama yaitu jurusan S1 Psikologi. Di peringkat kedua jurusan S1 Hukum dan peringkat ketiga jurusan S1 Manajemen.

Sementara untuk program Saintek, peminat terbanyak di peringkat pertama yakni jurusan S1 Kesehatan Masyarakat, peringkat kedua jurusan S1 Kedokteran dan ketiga jurusan S1 Keperawatan.

Baca juga: Kalbe Nutritionals Buka Lowongan Kerja bagi SMK, D3/S1, Ayo Daftar

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur SBUB Undip bisa dibaca melalui laman https://pmb.undip.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com