Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UBM: Teori Komunikasi Jadi Solusi Masalah Masyarakat Modern

Kompas.com - 08/03/2022, 12:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi menjadi hal yang umum, lumrah dan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Seringkali dianggap remeh, nyatanya ilmu komunikasi juga memiliki kompleksitas tinggi bila tidak diakomodir dengan baik.

Masalah sepele dapat berubah menjadi besar ketika pemahaman komunikasi antar pihak yang berinteraksi tidak dirembukkan dengan baik.

Realitas ini diangkat dalam The UBM Studium Generale Series 003 yang digelar Universitas Bunda Mulia (UBM) pada Jumat, 25 Februari 2022 di mana ada lebih dari 600 peserta hadir secara daring.

Kuliah umum UBM kali ini menghadirkan Prof. Robert T Craig, Profesor Emeritus Departemen Komunikasi di Universitas Colorado Boulder, Amerika Serikat, sebagai narasumber dengan mengangkat tema “Applying the Traditions of Communication Theory to Reframe Problems”.

Tema ini mengangkat permasalahan komunikasi yang kian hari kian kompleks serta membutuhkan cara pandang tajam para insan komunikan untuk menghadirkan solusi tepat guna.

Bukan hanya mengasah keterampilan berpikir kritis, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi peserta pegiat ilmu komunikasi untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat.

"Permasalahan komunikasi kerap menjadi inti dari banyak masalah yang kita jumpai dalam masyarakat modern, namun kompleksitas dari komunikasi tersebut justru sering kurang mendapat apresiasi," ungkap Prof. Robert T Craig.

"Teori komunikasi mampu memberikan gambaran dari kompleksitas tersebut. Apa yang coba saya tunjukkan di sini bagaimana kita dapat menggunakan teori komunikasi tersebut untuk melihat berbagai aspek perbedaan untuk kemudian dapat melihat solusinya," jelasnya.

Baca juga: Kuliah Umum UT: Ekonomi Kreatif Jadi Kekuatan Memenangkan Persaingan Global

Patricia Robin, Koordinator Humas The UBM Studium Generale melalui rilis resmi (8/3/2022) menyampaikan, kegiatan kuliah umum menjadi salah satu wujud nyata Program Studi Ilmu Komunikasi UBM untuk memberikan landasan dasar keilmuan bagi seluruh peserta didik.

"Sekaligus menegaskan kembali pemahaman konseptual yang tepat bagi tenaga pengajar untuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Patricia.

Ia juga menjelaskan, membawa teori dalam lingkup praktis dan rill menjadi terobosan UBM memiliki dua peminatan dalam Prodi Ilmu Komunikasi yakni Broadcast Communication dan Strategic Marketing Communication.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com