Kompas.com - 07/03/2022, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Dikutip dari data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tahun 2021, setiap tahunnya lulusan SMA/sederajat mencapai 3,7 juta, namun hanya 1,8 juta yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Artinya, sebanyak 1,9 juta anak belum bisa melanjutkan kuliah salah satunya lantaran kondisi ekonomi.

Guna mendukung keberlanjutan kuliah pelajar Indonesia di tengah keterbatasan ekonomi , sebanyak 10 (sepuluh) Perguruan Tinggi Swasta masih membuka kesempatan kuliah gratis bagi lulusan dan siswa SMA/SMK sederajat melalui program Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Pendaftaran masih dibuka hingga 18 Maret 2022.

Beasiswa diberikan senilai miliaran rupiah akan disalurkan untuk ratusan siswa di Indonesia dalam bentuk partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh).

Baca juga: Ini Syarat Gaji Orangtua bagi Siswa Pendaftar KIP Kuliah 2022

Salah satu penerima beasiswa pada ajang QSA 2021 adalah Nadhifa Cinantya asal Depok, Jawa Barat. Nadhifa mengaku sangat bersyukur dapat kuliah di jurusan impiannya dengan potongan biaya kuliah tiap semesternya berkat program Quipper Scholarship Award.

“Walaupun belum beruntung di SBMPTN 2021, saya sangat bersyukur berkesempatan kuliah di jurusan impian saya yaitu Psikologi di Universitas Paramadina melalui program Quipper Scholarship Award 2021. Saya berharap semoga ilmu yang saya dapatkan nantinya dapat menjadi berkah,” tutur Nadhifa.

Strategy & Planning Manager Quipper Indonesia, Ivonny Sualdani mengatakan program Quipper Scholarship Award kembali hadir untuk melanjutkan komitmen Quipper dalam mendukung siswa yang terkendala kemampuan finansial untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi di bangku kuliah.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Berikut informasi beasiswa di 10 kampus swasta dan cara mendaftar:

Daftar kampus

Kampus yang membuka beasiswa D3-S1 di tahun 2022 ini ialah:

1. Telkom University

2. Kalbis Institute

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.