Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Wawancara Kerja? Ini 9 Tips Memilih Baju agar Dilirik HRD

Kompas.com - 03/03/2022, 05:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mendapat undangan interview atau wawancara kerja pasti merasa senang. Meski demikian, ketika wawancara kerja juga butuh skill agar bisa percaya diri di hadapan HRD.

Tak hanya itu saja, ada faktor lain yang bisa menambah rasa "pede". Apa itu? Yakni menentukan baju atau pakaian saat wawancara kerja.

Ternyata, ada baiknya kamu harus menentukan pakaian dengan tipe perusahaan tempat kamu menjalani interview. Apakah ini perlu?

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Tips Jawab 15 Pertanyaan Wawancara Kerja

Bagi para lulusan baru (fresh graduate) tentu butuh referensi mengenai pakaian yang cocok agar dilirik HRD.

Tips memilih baju saat wawancara kerja

Melansir laman KitaLulus, ini 9 tips memilih baju saat wawancara kerja agar dilirik HRD:

1. Memakai kemeja

Baju atau pakaian yang satu ini paling aman jika dipakai untuk wawancara kerja. Kamu bisa pilih kemeja yang terbuat dari bahan katun, sifon, flanel, dan sutra. Tapi yang penting, pilihlah kemeja yang membuat kamu nyaman.

Buka kancing kemeja yang paling atas untuk memberikan kesan sederhana, tetapi tetap keren dan formal. Kamu juga harus bisa menghindari menggunakan kemeja yang terlalu ketat atau seksi untuk menjaga kesan formal.

2. Motif pakaian diperhatikan

Tips memilih baju saat wawancara kerja berikutnya ialah memilih motif kemeja atau blouse yang sederhana, misalnya motif garis atau tanpa motif alias polos.

Coba hindari menggunakan motif yang berkesan meriah dan heboh. Kenapa? Motif-motif seperti bunga, bintang-bintang, binatang, atau abstrak bisa mendistraksi pewawancara.

3. Celana bahan denim dihindari

Meski kamu interview di industri kreatif atau media, kamu harus menghindari celana berbahan denim. Ini karena wawancara kerja adalah suasana formal.

Apalagi jika bertemu dengan petinggi perusahaan, maka celana denim dirasa kurang elok untuk memberikan kesan pertama yang baik.

Baca juga: Ini Ciri Info Loker Palsu, Penting Dipahami Fresh Graduate

Maka, bagi pria bisa menggunakan celana bahan. Sedangkan bagi wanita bisa memilih menggunakan rok atau celana bahan.

4. Warna pakaian yang tepat

Berikut ini beberapa warna terbaik yang bisa kamu pilih untuk pakaian untuk wawancara kerja:

Putih: Ini adalah warna paling aman untuk dipilih, sebab putih memiliki arti keteraturan dan juga profesionalitas. Ketika kamu menggunakan pakaian warna putih, kamu juga bisa kombinasikan dengan warna celana atau rok apa saja.

Hitam: Jika kamu memilih warna hitam, maka baju warna hitam bisa memberikan kesan bahwa kamu itu profesional juga menunjukkan bahwa kamu memperhatikan penampilan. Tentunya, warna hitam juga bisa memberikan kesan elegan dan berkelas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com