Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNMPTN 2022, Sebanyak 40.094 Siswa Pilih Universitas Brawijaya

Kompas.com - 02/03/2022, 16:27 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang banyak diminati oleh pendaftar Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) tahun 2022.

Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UB menyebut jumlah peminat SNMPTN di UB 2022 ada sebanyak 40.094 siswa dari seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut, peminat Saintek terbanyak pertama adalah Prodi Kedokteran yaitu 1.746 siswa. Kedua ialah Program Studi Ilmu Keperawatan sejumlah 1.332 siswa dan ketiga Prodi Teknik Informatika dengan jumlah peminat 1.303 siswa.

Sedangkan bidang Soshum dengan peminat terbanyak pertama adalah Program Studi Ilmu Hukum sejumlah 1.625 pendaftar. Kedua, Program studi Manajemen sebanyak 1.569 pendaftar dan yang ketiga adalah Program studi Ilmu Administrasi Bisnis sebanyak 1.141 pendaftar.

Baca juga: Beri Pendampingan Warga Terdampak Semeru, Universitas Brawijaya Raih Apresiasi

Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Prof. Aulanni’am mengatakan tahun ini kuota SNMPTN menjadi 20 persen.

"Karena UB sudah PTNBH maka jumlah kuota SNMPTN sebanyak 20 persen. Jika jumlah Maba 2022 nanti yang masuk diperkirakan sekitar 15.000an maka jumlah yang diterima lewat jalur SNMPTN kurang-lebih 3.000-an mahasiswa," kata Prof Aul dalam keterangan tertulis UB.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni?am, drh., DESDok. UB Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni?am, drh., DES

Prof Aul menambahkan, untuk SNMPTN dan SBMPTN semua mengelola dari LTMPT. UB hanya mengambil berdasarkan kuota yang ditentukan.

"Kita sudah diberikan data dari LTMPT dan tinggal menentukan sesuai dengan kuota masing-masing fakultas," katanya.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2022, Tunjangan Rp 12,8 Juta Per Bulan

Profesor Bidang Ilmu Biokimia tersebut menjelaskan untuk SNMPTN tidak hanya nilai akademik saja yang berpengaruh namun prestasi kakak kelas yang berada di perguruan tinggi bersangkutan juga ikut dinilai serta catatan dari LTMPT seperti peserta yang tidak daftar ulang setelah diterima di SNMPTN.

Sementara itu, pendaftaran SNMPTN dimulai tanggal 14 sampai dengan 28 Februari 2022. Sementara, pengumuman akan di sampaikan pada tanggal 29 Maret 2022 Pukul 15.00 WIB melalui website Selma.ub.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com