Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kuliah Gratis? PMB 2022 Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia Masih Dibuka

Kompas.com - 21/02/2022, 15:09 WIB
|

KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Yogyakarta kini berubah nama menjadi Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia. Politeknik ini diresmikan pada 30 Oktober 2021.

Adapun perguruan tinggi kedinasan ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan peningkatan SDM Indonesia yang terdidik dan profesional di bidang teknologi nuklir.

Karena perguruan tinggi kedinasan, maka pada 2022 ini Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menerapkan kebijakan subsidi biaya pendidikan nol Rupiah bagi mahasiswa Poltek Nuklir Indonesia.

Baca juga: 20 Politeknik Terbaik Indonesia, Kamu Pilih Apa?

Menurut Dosen Prodi Elektronika Instrumentasi Poltek Nuklir Indonesia, Dr. Muhtadan, M.Eng., BRIN telah menyusun skema yang mendukung terwujudnya Manajemen Talenta Nasional (MTN).

"Kebijakan nol Rupiah ini sinergi dengan kebijakan BRIN dalam mewujudkan pengembangan talenta riset dan inovasi, yaitu melalui MTN di bidang riset dan inovasi," ujar Muhtadan, dikutip dari laman BRIN, Sabtu (19/2/2022).

Dijelaskan, pada jenjang S1 ada riset tugas akhir dan MBKM, jenjang S2 terdapat riset tesis, jenjang S3 berupa riset disertasi, pasca doktoral bagi periset, serta peluang hibah riset dan infrastruktur riset bagi dosen dari perguruan tinggi.

Untuk pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 ini sudah dibuka sejak 4 Febuari dan akan ditutup pada 31 Maret 2022.

Cakupan biaya kuliah

Bagi mahasiswa Poltek Nuklir, komponen biaya pendidikan nol Rupiah tersebut telah mencakup biaya-biaya yang diperlukan selama menjalani perkuliahan, yakni:

  • Biaya pendaftaran
  • sarana prasarana
  • ujian semester
  • KRS teori dan praktikum
  • SPP
  • Wisuda

"Sudah disubsidi sepenuhnya oleh BRIN, yaitu selama masa studi empat tahun atau delapan semester," jelasnya.

Baca juga: Ini Cerita Mahasiswa dari Papua dan Malaysia Pilih Kuliah di Itera

Sementara Deputi Bidang SDM Iptek BRIN, Edy Giri Rachman Putra mengatakan, kebijakan subsidi biaya pendidikan nol Rupiah ini juga memiliki benefit bagi BRIN dan masyarakat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+