Kompas.com - 08/02/2022, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Universitas Terbuka telah menyiapkan beasiswa prestasi akademik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 sebesar 2 miliar rupiah bagi 100 orang calon mahasiswa.

Dikutip dari laman resmi UT, beasiswa tersebut meliputi biaya studi, bahan ajar, dan lainnya untuk durasi 8 semester.

Pada tahun 2022 ini kuota 100 beasiswa khusus diberikan untuk calon mahasiswa di UPBJJ-UT Semarang dan Purwokerto.

Masing-masing dari dua UPBJJ-UT tersebut mendapatkan 25 beasiswa untuk calon mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Agribisnis dan 25 beasiswa untuk calon mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Keuangan Publik.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat mengungkapkan, pemberian beasiswa SNMPTN ini merupakan program rutin yang dilaksanakan UT sejak tahun 2020. Pada tahun 2020 beasiswa serupa diberikan kepada 100 orang mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Pendidikan di UPBJJ-UT Jakarta dan Serang.

“Kemudian berlanjut pada tahun 2021 dialokasikan untuk 100 mahasiswa di UPBJJ-UT Bogor dan Bandung, khusus Prodi S1 Ekonomi Syariah dan S1 Sastra Inggris. Jumlah peminat pada tahun 2021 cukup banyak yaitu 273, sehingga kami lakukan proses seleksi ketat untuk mendapatkan jumlah sesuai kuota 100 orang,” jelas Prof. Ojat.

Komitmen pemberian beasiswa ini, lanjut Prof. Ojat,  sejalan dengan misi utama UT yakni untuk memberikan akses ke pendidikan tinggi bagi semua kalangan, termasuk bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki keunggulan prestasi akademik.

Siapkan kuota 100 mahasiswa

 

Sementara itu untuk SNMPTN tahun 2022 ini, UT telah melayangkan surat ke Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada tanggal 31 Januari 2022 lalu.

Baca juga: Jelang Pendaftaran SNMPTN 2022, Seperti Ini Cara Registrasi Akun LTMPT

 

PTN ke-45 di Indonesia ini menyiapkan daya tampung 100 mahasiswa baru, yaitu 50 orang untuk Prodi S1 Agribisnis dan sebanyak 50 orang juga untuk Prodi S1 Akuntansi Keuangan Publik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.