Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UB Posisi Pertama Kategori Impact Ranking Webometrics 2022

Kompas.com - 07/02/2022, 11:34 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menjadi perguruan tinggi dengan skor paling atas pada indikator impact ranking versi Webometrics.

Ketua Pusat Pemeringkatan UB, Adharul Mutaqin mengatakan indikator impact ranking UB melesat jauh dibandingkan tahun lalu.

“Jika tahun lalu ada di posisi 500an sekarang naik di peringkat 200an,” kata Adharul, dilansir dari laman UB.

Ada tiga indikator yang digunakan dalam Webometrics untuk menilai kualitas setiap perguruan tinggi.

Baca juga: 25 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Yaitu visibility (impact) sebesar 50 persen, transparency (opennes) sebesar 10 persen, dan excellence (scholar) sebesar 40 persen. 

Sementara, dari sisi Impact ranking UB, berkaitan dengan jumlah personal network alamat website luar yang melakukan link ke website UB. 

Impact ranking UB yang meningkat mengindikasikan bahwa penyebaran informasi yang dilakukan berjalan dengan baik.

Sehingga, banyak website luar yang merujuk ke website UB atau melakukan Internal link.

Sementara itu, untuk indikator Webometrics lain, yaitu opennes, UB berada di peringkat 900an. Opennes berkaitan dengan jumlah sitasi dari top 210 author. 

Baca juga: 17 Universitas Islam Negeri Terbaik Versi UniRank 2021

Sedangkan untuk indikator terakhir yaitu excellent, UB berada di peringkat 2000an.

Excellent berkaitan dengan jumlah paper yang berada di top 10 per sitasi pada masing-masing bidang ilmu yang ada di Simago.

Secara keseluruhan saat ini UB berada pada peringkat 956 dunia dan berada di peringkat 3 di antara perguruan tinggi di Indonesia.

“Luaran jumlah paper UB yang termasuk top sitasi masih kalah dari 9 perguruan tinggi yang lain. Tapi kita akan tetap optimis bahwa Indikator ini bisa diperbaiki karena UB terus melakukan berbagai upaya untuk peningkatan kuantitas dan kualitas paper,” kata Adharu. 

Baca juga: 15 Kampus Terbaik di Indonesia Versi AD Scientific Index 2022

Sementara, Ketua Sistem Informasi dan Teknologi (SIT) UB, Raden Arief Setyawan menambahkan, profil UB sebagai Universitas paling diminati tercermin dalam banyaknya Internal link dari situs luar ke UB.

“Selain itu kontribusi seluruh unit kerja dalam memperbaiki website serta meningkatnya jumlah kerja sama dengan pihak lain juga telah berkontribusi signifikan dalam kestabilan impact rangking UB beberapa tahun terakhir,” pungkas pria yang akrab disapa Arief tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com