Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pesan Najelaa Shihab ke Mahasiswa Kampus Merdeka

Kompas.com - 04/02/2022, 16:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Guru Belajar (YGB) turut hadir dalam "Penutupan Program Kampus Merdeka di Kampus SMSG" pada Jumat (4/2/2022).

YGB hadir sebagai salah satu organisasi di bawah jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) yang menjadi mitra Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka batch 1.

Baca juga: Telur Puyuh Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Dosen IPB

SMSG sendiri menerima total 379 mahasiswa magang dari 119 kampus.

Selama lima bulan, ratusan mahasiswa ini didampingi oleh 62 mentor dari 11 organisasi/komunitas pendidikan yaitu YGB, Websis for Edu, Think.Web, Sekolah.mu, Sedekah Buku Indonesia, Sebangku Games, Pemimpin.id, Eco Ethno, Everidea Education, Dampak Sosial Indonesia, dan Schole Fitra.

Inisiator SMSG, Najelaa Shihab berpesan ke seluruh mahasiswa bidang apapun harus selalu tekun dalam mengutamakan inovasi, kolaborasi, dan integrasi.

"Jangan mengaku penggerak kalau tidak berinovasi. Inovasinya tidak harus penemuan lalu mendapatkan hadiah nobel atau sejenisnya. (Melainkan) praktik baik yang kita lakukan setiap hari yang kemudian bisa dibuktikan berhasil mengubah keadaan," ungkap dia dalam keterangannya.

Dia mencontohkan, dari sebelumnya praktik di dalam kelas yang pola disiplinnya masih menggunakan ancaman atau kekerasan, kemudian bisa menggunakan pendekatan-pendekatan yang lebih positif.

Namun demikian, Najelaa mengingatkan, menjadi inovator khususnya pada ekosistem pendidikan biasanya akan membuat diri merasa kesepian.

Pasalnya, sulit mengajak orang lain untuk berubah bahkan seringkali mendapat rundungan. Oleh karenanya penting untuk saling menguatkan satu sama lain.

Selain inovasi, dia juga menjelaskan betapa pentingnya kolaborasi. Hal yang sepertinya mudah untuk dilakukan namun tetap membutuhkan refleksi setiap saat.

"Butuh waktu banget untuk kita jadi ahli dalam kolaborasi," ujar Najelaa.

Baca juga: Kemenag: Madrasah di Daerah PPKM Level 2 Bisa PTM 50 Persen

"Evaluasi diri sendiri. Apa saja yang mudah buat saya dalam kolaborasi? (Misalnya) ternyata saya sudah bagus kemampuan komunikasi saya. Lalu apa tantangannya? (Contohnya) ternyata sebagai kolaborator saya masih kesulitan mengikuti deadline kelompok yang ketat," tambah Najelaa.

Lanjut Najelaa mengungkapkan, tidak ada satupun komunitas atau organisasi yang bisa secara mandiri menuntaskan permasalahan di Indonesia.

Sehingga membutuhkan integrasi multi interdisciplinary yang seharusnya sudah menjadi cara berpikir para penggerak.

Dalam acara tersebut, beberapa mahasiswa juga mendapatkan berkesempatan untuk berbagi pengalaman praktik baiknya selama magang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com