Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Tak Buka Seleksi D4 di SNMPTN dan SBMPTN, Gunakan 3 Jalur Mandiri

Kompas.com - 03/02/2022, 08:40 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan langkah besar dalam seleksi mahasiswa 2022. Yakni, menarik seleksi masuk program sarjana terapan (D4) atau vokasi dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Artinya, jika calon mahasiswa hendak memilih prodi D4 di ITS, maka harus mendaftar jalur yang disiapkan oleh ITS sendiri.

Dengan kembalinya kebijakan lama ini, ITS berharap akan terus membuka kesempatan lebih luas bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke Fakultas Vokasi (FV) ITS melalui tiga pilihan jalur seleksi.

Kepala Subdirektorat Admisi ITS Unggul Wasiwitono menjelaskan, pilihan jalur seleksi ini hampir sama halnya dengan mekanisme jalur penerimaan untuk program vokasi di penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020 lalu.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2022 Dibuka, Calon Mahasiswa Simak Syaratnya

Ketiga jalur tersebut antara lain adalah jalur prestasi dengan kuota 30 persen, jalur reguler dengan kuota 40 persen, dan sisanya untuk Seleksi Kemitraan Mandiri dan Prestasi (SKMP) khusus Vokasi.

Pada pendaftaran melalui jalur prestasi, calon mahasiswa akan mengikuti seleksi langsung oleh ITS berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik.

Sedangkan untuk masuk melalui jalur reguler dan SKMP, dibutuhkan nilai dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau dapat menggunakan hasil ujian Tes Kompetensi Akademik (TKA) ITS serta jejak prestasi.

Mengenai perubahan kebijakan seleksi ini, Unggul menyebutkan bahwa saat penerimaan mahasiswa jalur vokasi dikelola oleh LTMPT tahun lalu, terjadi penurunan mahasiswa pendaftar yang berminat dan tertarik masuk ke FV ITS.

“Sehingga, diberlakukannya kembali kebijakan ini agar para peserta memiliki banyak jalur masuk untuk memutuskan pilihan sesuai passion-nya dan bukan karena keterpaksaan,” ujarnya dilansir dari laman ITS.

Baca juga: Ini 3 Jalur Golden Ticket Unair, Pendaftaran Dimulai Februari 2022

Oleh karena itu, hal ini dinilai secara tidak langsung kualitas dan minat calon mahasiswa vokasi juga akan lebih baik jika seleksinya dilakukan sendiri daripada jadi satu seleksi dengan jenjang S1.

“Di samping itu, dipercayai bahwa skema SNMPTN dan SBMPTN yang telah diberlakukan di tahun sebelumnya sudah memberikan kemungkinan bagi FV ITS untuk mendapatkan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dengan demikian, semakin terbukanya peluang bagi calon mahasiswa baru untuk berkuliah di ITS ini menuntut para lulusan SMA/MA/SMK/MAK untuk mengenali passion-nya sebelum memilih program studi.

Bagi yang lebih menyukai hal-hal bersifat praktik, maka pilihan yang tepat adalah program Vokasi ITS yang mempunyai susunan kurikulum bersama dunia industri. Sehingga lulusannya diharapkan dapat langsung diserap oleh industri.

“Salah satunya adalah dengan kewajiban kegiatan magang industri selama satu semester,” tandasnya. 

Baca juga: Dosen ITS Sebut Lumpur Lapindo Simpan Bahan Baku Mobil Listrik

Perlu diketahui pula, program studi di FV ITS hanya menerima peserta lulusan SMA/MA jurusan IPA dan lulusan SMK/MAK dari jurusan yang relevan dengan program studi yang dituju.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 06/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Adapun pada tahun 2022 ini, ITS membuka seleksi untuk delapan program studi (prodi) sarjana terapan antara lain:

  • Teknologi Rekayasa Manufaktur
  • Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air
  • Teknologi Rekayasa Konversi Energi
  • Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan
  • Teknologi Rekayasa Kimia Industri
  • Rekayasa Teknologi Instrumentasi
  • Teknologi Rekayasa Otomasi
  • Statistika Bisnis

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal berlangsungnya seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana terapan atau vokasi dan juga mengenai TKA dapat diakses melalui http://smits.its.ac.id/

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com