Kompas.com - 01/02/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Saat ini banyak perguruan tinggi yang menunjukkan eksistensinya di media sosial

Selain berbagi informasi seputar kampus untuk para mahasiswa, media sosial juga dimanfaatkan perguruan tinggi untuk berbagi informasi lainnya bagi masyarakat luas.

Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang aktif di media sosial khususnya Instagram adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Berkat berbagai postingan UGM di Instagram, media sosial UGM berhasil mendapat pengakuan dunia. Kali ini emplifi.io lembaga yang fokus dalam big data, digital marketing, branding, dan media sosial merilis hasil riset yang dilakukan terhadap interaksi pada akun media sosial berbagai perguruan tinggi dunia.

Baca juga: Malindo Feedmill Buka 6 Posisi Lowongan Kerja bagi S1, Buruan Daftar

Medsos UGM masuk 10 besar dunia

Dari hasil riset terhadap interaksi di akun resmi Instagram, UGM masuk 10 besar bersama perguruan tinggi top dunia seperti Harvard University, Stanford University, dan The University of Oxford.

"UGM adalah kampus satu-satunya yang masuk 10 besar dari Indonesia," urai Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (1/2/2022).

Gugup menjelaskan, hasil riset ini dirilis di media sosial Emplifi pada akhir Januari 2022 lalu. Dari 10 perguruan tinggi teratas, lanjut Gugup, tujuh di antaranya merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Amerika Serikat. Sementara dua lainnya merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Inggris.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri, bahwa UGM bisa bersanding dengan universitas papan atas yang namanya telah mendunia," beber Gugup.

Baca juga: Bantu Anak dengan Kelainan Disgrafia, Mahasiswa UNY Gagas Aplikasi Ini

UGM terpopuler di media sosial

Dalam daftar yang dirilis di awal 2022, UGM juga menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia terpopuler di media sosial versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021, khususnya pada platform Facebook dan Instagram.

Dalam pemeringkatan tersebut UGM berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah like Facebook terbanyak dengan total mencapai 446.257 likes pada Februari 2021. Adapun jumlah rata-rata komentar per unggahan 3.34, rata-rata share 12.68 dan rata-rata reaksi per unggahan 263.14.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.