Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler di Instagram, UGM Masuk 10 Besar Dunia Versi Emplifi

Kompas.com - 01/02/2022, 12:30 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini banyak perguruan tinggi yang menunjukkan eksistensinya di media sosial

Selain berbagi informasi seputar kampus untuk para mahasiswa, media sosial juga dimanfaatkan perguruan tinggi untuk berbagi informasi lainnya bagi masyarakat luas.

Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang aktif di media sosial khususnya Instagram adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Berkat berbagai postingan UGM di Instagram, media sosial UGM berhasil mendapat pengakuan dunia. Kali ini emplifi.io lembaga yang fokus dalam big data, digital marketing, branding, dan media sosial merilis hasil riset yang dilakukan terhadap interaksi pada akun media sosial berbagai perguruan tinggi dunia.

Baca juga: Malindo Feedmill Buka 6 Posisi Lowongan Kerja bagi S1, Buruan Daftar

Medsos UGM masuk 10 besar dunia

Dari hasil riset terhadap interaksi di akun resmi Instagram, UGM masuk 10 besar bersama perguruan tinggi top dunia seperti Harvard University, Stanford University, dan The University of Oxford.

"UGM adalah kampus satu-satunya yang masuk 10 besar dari Indonesia," urai Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (1/2/2022).

Gugup menjelaskan, hasil riset ini dirilis di media sosial Emplifi pada akhir Januari 2022 lalu. Dari 10 perguruan tinggi teratas, lanjut Gugup, tujuh di antaranya merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Amerika Serikat. Sementara dua lainnya merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Inggris.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri, bahwa UGM bisa bersanding dengan universitas papan atas yang namanya telah mendunia," beber Gugup.

Baca juga: Bantu Anak dengan Kelainan Disgrafia, Mahasiswa UNY Gagas Aplikasi Ini

UGM terpopuler di media sosial

Dalam daftar yang dirilis di awal 2022, UGM juga menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia terpopuler di media sosial versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021, khususnya pada platform Facebook dan Instagram.

Dalam pemeringkatan tersebut UGM berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah like Facebook terbanyak dengan total mencapai 446.257 likes pada Februari 2021. Adapun jumlah rata-rata komentar per unggahan 3.34, rata-rata share 12.68 dan rata-rata reaksi per unggahan 263.14.

Pada platform Instagram, UGM masuk dalam peringkat tertinggi dengan jumlah pengikut atau follower mencapai 781.814 di akhir April 2021. Sedangkan jumlah unggahan Instagram UGM sebanyak 1.545. Jumlah pengikut akun Instagram UGM terus meningkat secara signifikan, dan hingga 31 Januari 2022 telah mencapai 869.737 pengikut.

Baca juga: Yuk Simak Mitos dan Fakta Seputar Burung Wiwik Menurut Pakar IPB

Sarana memperluas jangkauan komunikasi publik

Ia menerangkan, pengelolaan laman dan media sosial semakin penting bagi institusi untuk pengembangan citra. Sekaligus sebagai bentuk adaptasi dalam melakukan komunikasi publik.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan potensi yang besar bagi perguruan tinggi untuk memperluas jangkauan komunikasi publik dengan memanfaatkan beragam platform yang tersedia.

Dengan pengelolaan media sosial sebagai wahana penyampaian informasi diharapkan berbagai informasi penting bisa secara efektif menjangkau masyarakat luas.

"UGM hadir di kanal media sosial yang banyak diakses. Mulai dari Instagram, Facebook, hingga Tiktok, dengan ragam konten yang menarik sekaligus bermanfaat bagi publik," ungkap Gugup.

Baca juga: Hanya Ada di 4 Kampus, Kenali Prodi Sastra Jerman dan Prospek Kerjanya

Penggunaan ragam media sosial dilakukan untuk menjangkau kelompok audiens yang lebih beragam, terutama dari segi usia.

"UGM akan terus beradaptasi dengan melakukan berbagai penyesuaian penggunaan bauran media komunikasi. Dengan begitu informasi yang disampaikan dapat semakin menjangkau generasi muda namun tidak meninggalkan generasi sebelumnya," urai Gugup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com