Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tidak Suka Matematika, Ini 4 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Tepat

Kompas.com - 31/01/2022, 11:04 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah bagi para lulusan sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK), salah satunya minat.

Apalagi, jika selama bersekolah tidak berminat atau tidak suka dengan mata pelajaran tertentu, misalnya matematika, maka sebaiknya calon mahasiswa menghindari jurusan kuliah yang mengharuskannya berkutat dengan materi hitung-hitungan.

Sebab, jika memaksakan diri untuk memilih jurusan dengan banyak materi matematika, mahasiswa bisa jadi tidak betah dengan kegiatan kuliah.

Saat ini ada pilihan jurusan kuliah menjanjikan yang tidak mengharuskan mahasiswanya mempelajari matematika secara mendalam.

Hitung-hitungan memang masih akan dibutuhkan, tetapi bukan hitung-hitungan dengan rumus rumit yang memusingkan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Beberapa Orang Lemah dalam Matematika

Mungkin, mahasiswa akan butuh hitung-hitungan untuk menghitung biaya produksi sebuah karya atau menghitung jumlah sampel objek penelitian yang diperlukan saat skripsi atau tugas akhir.

Penasaran apa saja jurusan kuliah yang bisa dipilih untuk Anda yang anti dengan pelajaran matematika? Simak daftar berikutnya seperti dirangkum Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. Senin (31/1/2022).

1. Sastra dan Bahasa Inggris

Anda tidak suka belajar matematika tetapi tertarik dengan sastra dan Bahasa Inggris? Jurusan ini bisa jadi pilihan tepat.

Apabila memilih jurusan Sastra dan Bahasa Inggris, Anda tidak perlu mempelajari matematika secara mendalam dengan berbagai rumus rumit.

Namun, Anda harus siap belajar struktur, pola, dan kalimat Bahasa Inggris lengkap dengan writing, reading, dan speaking.

Selain itu, mahasiswa jurusan sastra dan bahasa biasanya juga akan mempelajari sejarah bahasa, kehidupan masyarakat dan sejarah negara bersangkutan, serta terjemahan.

Baca juga: Jago Bahasa Inggris? Ini 6 Pekerjaan Keren yang Bisa Dipilih

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan paling favorit di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya perguruan tinggi di Tanah Air yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi.

Jika memilih jurusan ini, mahasiswa tidak akan mempelajari rumus matematika, tetapi akan mempelajari cabang ilmu komunikasi yang meliputi multimedia, creative and critical thinking, fotografi, dan lain-lain.

Setalah memasuki semester ketiga, mahasiswa dapat memilih konsentrasi atau peminatan sesuai keinginan.

Misalnya, konsentrasi penulisan naskah, online journalism, creative video digital, event management, public relations, dasar-dasar hubungan masyarakat (humas), dan lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com