[POPULER EDUKASI] Logam Lumpur Lapindo Lebih Mahal dari Emas | Penjelasan Dosen Unair Terkait Logam Lumpur Lapindo | Lowongan BUMN Lulusan S1

Kompas.com - 31/01/2022, 09:59 WIB
|

KOMPAS.com - Belakangan ini banya berita mengenai 'harta karun' dari lumpur Lapindo Sidoarjo Jawa Timur. Informasinya karena lumpur itu mengandung logam tanah jarang atau rare earth.

Hal itu kemudian ditanggapi oleh Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Ganden Supriyanto, yang memberikan penjelasan mengenai apa itu rare earth.

Adapun informasi terkait rare earth itu menjadi berita terpopuler di kanal Edukasi Kompas.com. Bahkan menjadi berita terpopuler dalam beberapa hari ini.

Baca juga: Dosen Unair: Harta Karun Lumpur Lapindo Sebenarnya Sudah Lama Ditemukan

Bagi yang penasaran, berikut ini tiga berita populer edukasi sepanjang Jumat hingga Minggu (28-30/1/2022):

1. Logam Lumpur Lapindo Lebih Mahal dari Emas, Ini Kata Pakar Unair

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkap potensi kandungan logam tanah jarang atau rare earth di dalam lumpur Lapindo.

Menanggapi hal tersebut, Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Ganden Supriyanto, memberikan penjelasan mengenai apa itu rare earth.

Ganden menuturkan bahwa logam tanah jarang atau rare earth di dalam rumus kimia sistem periodik masuk ke dalam golongan lantanida dan aktanida.

Bila ingin tahu banyak informasinya dan seperti apa logam tanah jarang, maka simak beritanya dari tautan ini.

2. Dosen Unair: "Harta Karun" Lumpur Lapindo Sebenarnya Sudah Lama Ditemukan

Tangkapan layar Google Maps area semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa timur.Google maps Tangkapan layar Google Maps area semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa timur.

Harta karun lumpur Lapindo di Sidoarjo beberapa waktu yang lalu menjadi isu hangat di tengah pandemi Covid-19.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.