Kompas.com - 29/01/2022, 11:34 WIB

KOMPAS.com - Untuk memberikan akses pendidikan bagi semua kalangan, pemerintah akan melanjutkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) pada tahun 2022.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Meski belum ada jadwal pasti untuk pendaftaran KIP Kuliah 2022 namun program ini tentu sangat membantu para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika melihat skema pendaftaran KIP Kuliah tahun 2021, proses registrasi program KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 dapat dimulai pada akhir Januari atau awal Februari mendatang menyesuaikan jadwal SNMPTN 2022.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Bukan Jadi Syarat Ikut PTM Terbatas, Ini Penjelasannya

Merangkum dari laman KIP Kuliah Kemendikbud Ristek, Sabtu (29/1/2022), bagi siswa yang dianggap layak mendaftar KIP Kuliah 2022, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

Syarat KIP Kuliah

Berikut persyaratan bagi siswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah.

1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya. Selain itu siswa memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP.

4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.

Baca juga: Dokter RS UNS: Lakukan Hal Ini bila Menemukan Pasien Henti Jantung

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.