Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kisah Alumnus UNS Bisa Berkarier di Boeing Commercial Airplanes

Kompas.com - 26/01/2022, 14:21 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Bisa bekerja di perusahaan internasional tentu menjadi kebangaan tersendiri. Apalagi jika kamu bisa mewujudkan hal itu dengan jerih payah sendiri.

Alumnus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Veronika W.R. Andrews termasuk salah satu orang yang beruntung.

Dia berhasil meniti karier di perusahaan penerbangan terbesar di dunia, Boeing Commercial Airplanes. Perempuan asli Surakarta ini kini menjabat sebagai Project Manager Boeing Commercial Airplanes.

Hal ini dia sampaikan dalam acara Kuliah Tamu bertajuk 'Success in The West: The Journey, The Struggles, The Failures, The Victories'. Lulusan Ilmu Sosial UNS ini mengaku, awalnya memulai karier di industri perhotelan di Bandung.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 5 Tren Karier yang Jadi Incaran Tahun 2022

Mengawali karier di bidang perhotelan

Setelah menyelesaikan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS tahun 1989, dia langsung merantau ke Bandung. Kala itu Vero dipercaya menjadi manajer di salah satu hotel internasional Bandung.

Vero mengaku, hotel tempat dia bekerja banyak memiliki tamu para ekspatriat. Vero yang kala itu pintar berbahasa Inggris kemudian dipercaya oleh sejumlah tamunya untuk mengajar anak-anak para tamu tersebut.

Hal ini membuat Vero senang karena dia bisa mendapatkan uang tambahan untuk membiayai keluarganya di Surakarta, Jawa Tengah.

Hidup Vero berubah saat dia menikah dengan suaminya yang berkebangsaan Amerika Serikat. Saat pertama kali pindah ke Amerika, Vero sempat merasakan culture shock. Selain kebudayaan yang sangat berbeda dengan Indonesia, Vero juga merasakan kesenjangan dalam hal bahasa.

"Saat pindah ke Amerika, bahasa Inggris saya tidak cukup ternyata. Orang di sana bicaranya sangat cepat sehingga saya tidak mengerti," ungkap Vero seperti dikutip dari laman UNS, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: 4 Tips Sukses Budidaya Ikan dalam Ember ala Dosen Unpad

Sempat gonta-ganti pekerjaan saat di Amerika Serikat

Tak menyerah begitu saja, Vero kemudian mulai belajar bahasa Inggris lagi supaya dapat menyesuaikan atau beradaptasi dengan lingkungan barunya di Amerika Serikat.

Setelah dapat menyesuaikan diri perihal bahasa, Vero mencari-cari pekerjaan di Amerika. Selagi suaminya bekerja di Boeing, Vero sempat menjalankan berbagai pekerjaan sekaligus.

Perempuan kelahiran Surakarta ini sempat menjalani profesi sebagai computer lab assistant, pembersih rumah orang kaya hingga menjadi pengajar anak-anak di malam hari. Vero juga pernah menjadi travel agent dan asisten dokter gigi.

Sebagai orang Asia, Vero mengatakan tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di Amerika. Posisi Vero di sejumlah pekerjaan sangat rentan untuk dipecat meskipun dia melakukan pekerjaan dengan baik. Hal inilah yang membuat Vero sangat memperhatikan isu inklusivitas dan keragaman di tempat kerjanya saat ini.

Baca juga: Viral Ghozali Everyday, Ini Penjelasan Pakar Unpad tentang NFT

Bangga bisa bekerja di Boeing

Veronika mengawali kariernya di Boeing pada tahun 2007. Waktu itu Vero diterima sebagai Data Management Specialist Boeing dengan sistem kontrak selama tiga bulan. Vero mengatakan senang sewaktu diterima di Boeing kala itu.

"Pertama kali masuk ke kantor Boeing saya sangat senang dan bangga karena saya yang berasal dari kota kecil Solo dapat diterima di perusahaan internasional sebesar Boeing. Saat itu saya langsung kabari keluarga di Solo," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com