Kompas.com - 26/01/2022, 14:21 WIB

KOMPAS.com - Bisa bekerja di perusahaan internasional tentu menjadi kebangaan tersendiri. Apalagi jika kamu bisa mewujudkan hal itu dengan jerih payah sendiri.

Alumnus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Veronika W.R. Andrews termasuk salah satu orang yang beruntung.

Dia berhasil meniti karier di perusahaan penerbangan terbesar di dunia, Boeing Commercial Airplanes. Perempuan asli Surakarta ini kini menjabat sebagai Project Manager Boeing Commercial Airplanes.

Hal ini dia sampaikan dalam acara Kuliah Tamu bertajuk 'Success in The West: The Journey, The Struggles, The Failures, The Victories'. Lulusan Ilmu Sosial UNS ini mengaku, awalnya memulai karier di industri perhotelan di Bandung.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 5 Tren Karier yang Jadi Incaran Tahun 2022

Mengawali karier di bidang perhotelan

Setelah menyelesaikan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS tahun 1989, dia langsung merantau ke Bandung. Kala itu Vero dipercaya menjadi manajer di salah satu hotel internasional Bandung.

Vero mengaku, hotel tempat dia bekerja banyak memiliki tamu para ekspatriat. Vero yang kala itu pintar berbahasa Inggris kemudian dipercaya oleh sejumlah tamunya untuk mengajar anak-anak para tamu tersebut.

Hal ini membuat Vero senang karena dia bisa mendapatkan uang tambahan untuk membiayai keluarganya di Surakarta, Jawa Tengah.

Hidup Vero berubah saat dia menikah dengan suaminya yang berkebangsaan Amerika Serikat. Saat pertama kali pindah ke Amerika, Vero sempat merasakan culture shock. Selain kebudayaan yang sangat berbeda dengan Indonesia, Vero juga merasakan kesenjangan dalam hal bahasa.

"Saat pindah ke Amerika, bahasa Inggris saya tidak cukup ternyata. Orang di sana bicaranya sangat cepat sehingga saya tidak mengerti," ungkap Vero seperti dikutip dari laman UNS, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: 4 Tips Sukses Budidaya Ikan dalam Ember ala Dosen Unpad

Sempat gonta-ganti pekerjaan saat di Amerika Serikat

Tak menyerah begitu saja, Vero kemudian mulai belajar bahasa Inggris lagi supaya dapat menyesuaikan atau beradaptasi dengan lingkungan barunya di Amerika Serikat.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.