Kompas.com - 26/01/2022, 11:51 WIB

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini musim hujan berlangsung lebih panjang dari seharusnya. Perubahan cuaca yang ekstrem kerap terjadi, dari sangat panas tiba-tiba turun hujan lebat disertai kilat dan gemuruh petir.

Perubahan cuaca yang berkepanjangan berpengaruh juga dalam perubahan iklim.

Perubahan iklim merupakan perubahan jangka panjang statistik pola cuaca dalam rentan waktu yang sangat panjang dan dapat terjadi pada suatu daerah tertentu bahkan seluruh permukaan bumi.

Perilaku manusia turut berpengaruh terhadap lingkungan, perubahan tersebut akan dirasakan kembali oleh manusia.

Cuaca merupakan keadaan udara yang terjadi di suatu tempat dengan waktu yang singkat atau sesaat. Musim juga bisa diartikan sebagai keadaan cuaca yang paling sering terjadi dalam jangka waktu tertentu, sedangkan iklim adalah rata-rata cuaca dalam suatu tempat dan untuk jangka waktu yang lebih lama” tutur Rahmat Gernowo, Dosen Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (Undip) dilansir dari laman Undip.

Baca juga: Epidemiolog UGM: Musim Hujan, Waspada Tiga Penyakit yang Muncul

Lebih lanjut ia mengatakan cuaca dipengaruhi oleh kelembaban udara, kecepatan angin dan suhu udara di suatu daerah pada waktu tertentu.

Kondisi cuaca dan iklim juga akan mempengaruhi, salah satunya bencana hidrometeorologi yang terjadi, seperti banjir dan puting beliung.

Mengenai fenomena El Nino dan La Nina, ia menjelaskan hal itu adalah pola iklim yang terjadi di Samudera Pasifik.

Kedua fenomena tersebut bisa mempengaruhi cuaca di berbagai negara karena ada perubahan suhu laut di lautan pasifik.

Baca juga: Mengapa Kecoa Terbang ke Arah Manusia? Ini Penjelasan Ahli Serangga

Ketika El Nino berlangsung, musim kemarau menjadi sangat kering . Sedangkan ketika La nina muncul, musim penghujan akan tiba lebih awal dari biasanya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.