Kompas.com - 25/01/2022, 16:21 WIB

KOMPAS.com - Pada penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) ada tiga jalur yang bisa kamu manfaatkan.

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang saat ini tengah berlangsung adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Saat ini SNMPTN 2022 sudah memasuki tahapan pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Setelah SNMPTN 2022 berakhir, calon mahasiswa bisa bersiap mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) dan Seleksi Mandiri.

Bagi kamu siswa berprestasi yang berencana mendaftar di SNMPTN 2022, ada beberapa hal menarik yang perlu diketahui. Merangkum dari laman Institut Teknologi Kalimantan, Selasa (25/1/2022), berikut beberapa hal menarik dari SNMPTN 2022. 

Baca juga: Beasiswa Sinar Mas 2022, Kuliah D3 Gratis dan Dapat Tunjangan Hidup

Fakta menarik tentang SNMPTN 2022

1. Tanpa tes/ujian

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN yang tentunya berbeda dari jalur masuk lainnya. Di jalur ini para siswa tidak membutuhkan tes ataupun ujian lagi. Jalur yang sering disebut jalur undangan tanpa tes. Banyak yang mengatakan, jalur SNMPTN hanya bisa diikuti oleh siswa dengan prestasi unggul.

2. Seleksi gratis

Jalur SNMPTN ini para siswa tidak dibebankan biaya pendaftaran saat melakukan pendaftaran SNMPTN. Jika kamu dinyatakan lolos di jalur SNMPTN, biaya pendidikan yang dikeluarkan juga relatif lebih ringan daripada kedua jalur lainnya.

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Ini Jurusan Sepi Peminat di UI, UGM dan ITB

3. Persaingan ketat

Persaingan ketat di SNMPTN bahkan dimulai dari sejak di sekolah dimana para siswa di rangking untuk yang eligible. Apa maksudnya siswa eligible? Siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak mendaftar SNMPTN 2022.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.