Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Sinar Mas 2022, Kuliah D3 Gratis dan Dapat Tunjangan Hidup

Kompas.com - 25/01/2022, 15:32 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Bisa melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi bukan hal yang tidak mungkin dilakukan saat ini.

Banyak program beasiswa yang bisa kamu manfaatkan jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun terkendala biaya.

Salah satu instansi non-pemerintah yang membuka program beasiswa adalah Sinar Mas Agribusiness and Food.

Beasiswa dari Sinar Mas Agribusiness and Food ini diperuntukkan bagi generasi muda berprestasi dengan jumlah kuota sebanyak 45 penerima beasiswa. Pendaftaran telah dibuka sejak 3 Januari 2022 dan akan berakhir pada 31 Maret 2022.

Baca juga: Viral Ghozali Everyday, Ini Penjelasan Pakar Unpad tentang NFT

Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food

Head of HR Upstream, Sinar Mas Agribusiness and Food Darwin Tjindaidi mengatakan, beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mereka yang tertarik untuk belajar dan menjadi profesional muda di industri agrobisnis khususnya kelapa sawit.

Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan bagi mereka yang kurang beruntung secara finansial. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan penuh selama pendidikan berlangsung baik biaya kuliah maupun biaya hidup per semester.

"Tak hanya itu, kandidat yang terpilih menerima beasiswa ini juga berkesempatan
mendapatkan pengalaman magang di operasional Sinar Mas Agribusiness and Food seluruh Indonesia," ungkap Darwin Tjindaidi seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Hal ini sejalan dengan tema besar program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2022 – Merajut Asa, Membangun Bangsa, Jelajah Indonesia.

"Mendapatkan akses pendidikan yang baik dan berkualitas adalah cara mengejar dan mewujudkan mimpi kita. Program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food telah sejak lama membantu anak muda Indonesia mewujudkan cita-cita mereka. Tak sedikit dari mereka kini menempati posisi penting di perusahaan," terang Darwin Tjindaidi.

Gunakan industri di banyak aspek

Darwin menambahkan, saat ini dan ke depannya, industri agrobisnis seperti kelapa sawit akan banyak bersinggungan dengan teknologi. Disitulah peran para milenial yang terkenal dengan generasi IT Savvy (melek teknologi) sangat dibutuhkan.

"Teknologi memainkan peranan penting, khususnya dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi kerusakan lingkungan. Hingga memastikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para pekerja," imbuhnya.

Menurutnya, penggunaan berbagai teknologi canggih di perusahaan dapat dilihat sehari-hari. Misalnya upaya pencegahan kebakaran. Perusahaan memanfaatkan satelit sebagai 'mata langit' untuk memantau area-area rawan kebakaran. Teknologi seperti GeoSMART membantu dalam pemantauan dan mengirimkan data satelit secara cepat ke unit-unit Perusahaan jika terdeteksi titik panas atau titik api.

Baca juga: 6 PTN Terbaik Jurusan Ilmu Sosial Versi THE WUR 2022

Selain itu ada penggunaan drone misalnya, di mana teknologi tersebut dimanfaatkan untuk memantau area kebun. Serta menjaga area konservasi perusahaan dari kerusakan.

"Masih banyak lagi teknologi menarik lainnya yang akan terus berkembang ke depannya di industri kelapa sawit," tandasnya.

Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food memberikan bantuan pendidikan tiga tahun untuk meraih gelar Diploma (D3) di ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) Cikarang, Jawa Barat. tahun 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com