Kompas.com - 25/01/2022, 09:32 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk sepuluh besar perguruan tinggi terbaik nasional berdasarkan 2021 Indonesian University Ranking versi 4ICU UniRank.

Tahun ini, Unpad meraih peringkat ke-9, meningkat signifikan dari peringkat ke-30 pada tahun sebelumnya.

Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad Arif Firmansyah menjelaskan 4ICU UniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria tertentu.

Misalnya, sudah terakreditasi oleh organisasi resmi, menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana, serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.

Baca juga: 100 Kampus Terbaik Indonesia Versi 4ICU, Referensi Pilih Kampus

Dalam pelaksanaannya, UniRank mengukur kinerja perguruan tinggi menggunakan empat mesin pengukur kinerja website yang berbeda. Yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similar Web Global Rank, dan Majestic Referring Domains Trust Flow.

Arif melanjutkan, strategi penguatan website Unpad memfokuskan pada peningkatan kualitas konten dan optimasi pendukung mesin pencari (SEO). Peran website institusi sangat memengaruhi terhadap penilaian ini.

Dengan peringkat Unpad yang meningkat signifikan, ini berarti strategi kemudahan pencarian informasi di mesin pencari dan konten website yang berkualitas telah efektif dilakukan.

“Artinya SEO kita semakin baik, penataan website Unpad juga semakin baik, dan di satu sisi Unpad gencar menghapus konten spam yang berdampak pada kualitas trust flow yang semakin baik,” kata Arif, dilansir dari laman Unpad.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, peningkatan kinerja Unpad di 4ICU UniRank menunjukkan bahwa berbagai informasi dan kinerja Unpad telah tersampaikan dengan baik melalui website dan mampu menjangkau global.

Baca juga: Kisi-kisi UTBK SBMPTN, Materi IPA dan IPS yang Sering Keluar di UTBK

“Unpad semakin beradaptasi pada tuntutan pemanfaatan teknologi, khususnya pemanfaatan web Unpad untuk mendukung komunikasi dan informasi untuk pendidikan, riset, inovasi, dan pengabdian pada masyarakat,” kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.