Kompas.com - 25/01/2022, 08:41 WIB

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk tahun 2022.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 akan berlangsung pada 14-28 Februari 2022. Saat pendaftaran, calon mahasiswa harus menentukan pilihan program studi (prodi) atau jurusan kuliah.

Dalam memilih prodi SNMPTN 2022, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Jika memilih dua program studi, maka salah satunya harus prodi di 1 PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

LTMPT menyarankan calon mahasiswa yang nantinya akan mengikuti SNMPTN agar memilih prodi yang benar-benar disenangi. Sebab bila diterima di SNMPTN, maka sudah tidak bisa lagi ikut SBMPTN, sehingga harus menjalani kuliah dengan prodi pilihan.

Sebagai referensi memilih program studi, berikut 20 prodi Saintek paling ketat di SNMPTN 2021. Keketatan program studi merupakan perbandingan antara peserta yang diterima dengan jumlah pendaftar.

Prodi Saintek terketat SNMPTN 2021

1. Teknik Informatika, Unpad (keketatan 1:100)

2. Farmasi, Universitas Sebelas Maret (keketatan 1:92)

3. Keperawatan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (keketatan 1:80)

4. Farmasi, Universitas Syah Kuala (keketatan 1:79)

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.