Kompas.com - 25/01/2022, 07:58 WIB

KOMPAS.com - Salah satu dokumen yang sering dijadikan persyaratan untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri adalah tes bahasa Inggris, salah satunya adalah IELTS.

Pada umumnya, skor yang dibutuhkan adalah minimum 6,5. Tetapi, ada juga beasiswa yang ternyata memiliki syarat Skor IELTS di bawah 6,5. Melansir laman Schoters, berikut daftar beasiswa yang bisa dipilih.

1. DAAD-EPOS Scholarship

DAAD-EPOS adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Jerman.

Baca juga: Beasiswa S1 di Singapura 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 69 Juta Per Tahun

Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa yang paling diminati oleh pelajar Indonesia. Salah satu faktornya adalah karena fasilitas dan cakupan beasiswa yang memadai serta yang menunjang proses pembelajaran di kampus.

DAAD EPOS terbuka untuk berbagai universitas dan program studi jenjang S2 dan S3. Calon pendaftar boleh mengumpulkan sertifikat resmi IELTS dengan skor minimal 6.0.

Tetapi perlu diingat dan jangan lupa untuk cek persyaratan dokumen lainnya yang perlu dilampirkan. Karena terkadang berbeda universitas dan program studi yang dipilih juga akan berbeda persyaratan dokumen yang harus dikumpulkan.

2. VLIR-UOS Scholarship

Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang S2 di negara Belgia. Beasiswa fully funded ini dapat kamu jadikan pilihan jika sudah memiliki total Skor IELTS minimal 6.0 dengan skor di setiap tes minimal 5.5.

Pilihan program studi yang beragam dapat kamu sesuaikan dengan minat dan latar belakang pendidikan. Selain itu, universitas di Belgia yang memberikan tawaran VLIR-UOS pun juga tidak sedikit.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 6,7 Juta Per Bulan

3. MEXT Scholarship

MEXT adalah beasiswa yang diperuntukkan untuk jenjang S1. Pemerintah Jepang menyediakan fasilitas terbaik kepada penerima beasiswa MEXT. Cakupan beasiswa yang akan diterima bagi para penerima beasiswa ini mulai dari biaya kuliah, biaya hidup hingga tiket pesawat.

MEXT Scholarship sudah sangat umum di telinga pelajar Indonesia yang mengincar negara Jepang sebagai pilihan negara untuk studi lanjutan dari bangku sekolah menengah atas.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.