Kompas.com - 24/01/2022, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin memilih Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sebagai tujuan kuliah, ada baiknya memerhatikan keketatan dan prodi favorit.

Termasuk, mencari cara atau tips agar mudah lolos SNMPTN. Ketua Satuan Admisi Unesa, Sukarmin, memberikan tips bagi para siswa yang ingin lolos SNMPTN.

Agar lolos SNMPTN, ada tiga hal yang harus diperhatikan bagi para siswa SMA/MA/SMK kelas XII atau pendaftar lainnya. Pertama, calon pendaftar harus mempelajari kesesuaian nilai rapor dengan prodi yang dituju.

Sangat direkomendasikan jika prodi yang dituju linier dengan jurusan sewaktu di SMA, SMK atau MA.

Baca juga: 15 Jurusan Sepi Peminat di SNMPTN UGM, UI, ITB 2021

Kedua, pelajari pagu atau daya tampung kampus tujuan agar bisa mengukur kemampuan dengan peluang yang ada. Kemudian, jika memiliki prestasi tingkat nasional maupun internasional, sertakan portofolio prestasi tersebut saat mendaftar.

Ketiga, ingat, sertifikat yang di-upload diutamakan sesuai dengan prodi yang dituju. Misalnya, juara 1 lomba puisi tingkat nasional akan mendapat poin yang tinggi ketika masuk ke prodi Sastra Indonesia dan sebagainya.

Contoh lainnya, jika siswa merupakan juara 1 Olimpiade Matematika tingkat nasional, maka akan mendapat poin yang besar ketika masuk ke prodi Matematika atau prodi yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

“Persiapkan diri dengan sebaik mungkin, tingkatkan kemampuan, terus belajar dan berdoa,” pesannya.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa berdasarkan pada keketatan tahun lalu, ada 10 prodi yang paling favorit. Berikut rinciannya.

1. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.