Kompas.com - 19/01/2022, 05:52 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ketua Panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2022, Imam Taufiq menyatakan, seleksi masuk PTKIN dibuka mulai Februari hingga April 2022.

Seleksi masuk PTKIN akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama PTN, yaitu Universitas Singaperbangsa, Karawang.

Baca juga: Sesajen Ditendang di Gunung Semeru, Ini Pandangan Pakar Unair

"Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022. Daftar program studi (Prodi) dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman: http://www.span-ptkin.ac.id," ucap Imam secara daring, Selasa (18/1/2022) malam.

Menurut dia, proses pembukaan pendaftaran jalur ujian masuk PTKIN, akan diserahkan ke masing-masing PTKIN.

Proses seleksi PTKIN, lanjut dia, akan berakhir di Juni 2022.

"Daftar prodi dan daya tampung ujian masuk PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id," jelas dia.

Dia menjelaskan, sesuai UU No. 12 Tahun 2021 terkait pola penerimaan mahasiswa baru di UIN/IAIN/STAIN (PTN) dengan prodi Keagamaan di Indonesia akan dilakukan secara nasional dan bentuk lain.

Pola seleksi secara nasional pada perguruan tinggi disebut SPAN-PTKIN. Pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh perguruan tinggi disebut UM-PTKIN.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022, 5 dari PTS

"Kedua pola seleksi tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi," ungkap Imam yang juga merupakan Rektor UIN Walisongo.

PTKIN harus tingkatkan mutu

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar PTKIN tidak semata fokus pada perluasan akses, tetapi juga harus berorientasi pada peningkatan mutu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.