Kompas.com - 18/01/2022, 16:48 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim turut mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam acara peringatan Dies Natalis Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Senin (17/1/2022).

Nadiem menyampaikan bahwa Presiden mendukung program Kampus Merdeka dan semua perubahan-perubahan yang dilakukan Kemendikbud Ristek sejauh ini.

"Perubahan-perubahan yang kita lakukan ini tentu untuk membuat relevansi daripada sistem pendidikan kita jauh lebih tinggi," kata Nadiem dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Dalam kunjungan kerjanya ke Bandung, Jawa Barat, selain mendampingi Presiden Jokowi di acara Dies Natalis Unpar, Nadiem juga berkunjung ke SMPN 2 Bandung dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Baca juga: Hanya Ada Satu di Indonesia, Yuk Kenali 2 Jurusan Kuliah di Unair Ini

Kuota program MBKM tahun 2022 jadi 150 mahasiswa

Dalam acara yang diadakan di Unpad, Nadiem berdialog dengan sivitas akademika kampus. Di hadapan 60 mahasiswa peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unpad, Mendikbud Ristek menyampaikan apresiasi atas semangat Unpad dalam melaksanakan program MBKM.

"Terima kasih, untuk seluruh sivitas akademika Unpad juga seluruh pimpinan perguruan tinggi di Bandung yang telah mendukung program MBKM ini," tuturnya.

Nadiem juga mendengarkan berbagai masukan untuk perbaikan kualitas program Kampus Merdeka.

Nadiem mengungkapkan, pada tahun 2021 sebanyak 50.000 mahasiswa telah melakukan aktivitas di luar kampus dari program-program MBKM.

Baca juga: Siswa, Yuk Intip 7 Tips Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19

Dan pada tahun 2022 ini, kuota tersebut akan naik sebanyak tiga kali lipat hingga mencapai 150.000 mahasiswa.

"Jadi tiga kali lipat. Begitu juga berbagai macam program lain akan kita lipat gandakan. Matching fund dengan industri yang berpartisipasi dalam riset dan inovasi akan kita besarkan 4 hingga 5 kali lipat anggarannya tahun ini," ungkap Nadiem.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.