Kompas.com - 17/01/2022, 15:18 WIB
Ilustrasi hipnoterapi ShutterstockIlustrasi hipnoterapi

KOMPAS.com - Terapi hipnosis atau biasa disebut hipnoterapi saat ini banyak dimanfaatkan sebagai metode pengobatan.

Melalui proses hipnoterapi, para ahli bisa bekerja dengan cara memasuki alam bawah sadar seseorang. Kemudian memberikan sugesti tertentu untuk membantu proses penyembuhan seseorang.

Tema hipnoterapi atau medical hypnosis ini diangkat menjadi tema webinar yang diadakan program studi (prodi) Pendidikan Dokter Spesialis Psikiatri, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) bersama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) cabang Semarang.

Webinar ini digelar dalam rangka mengenalkan lebih jauh kepada masyarakat tentang Medical Hypnosis.

Baca juga: PT Cipta Kridatama Buka Program FGDP 2022 bagi S1, Buruan Daftar

Hipnoterapi bertujuan untuk penyembuhan

Dosen prodi pendidikan dokter spesialis psikiatri Undip, Widodo Sarjana mengungkapkan, hipnosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh keadaan konsentrasi tinggi pada satu ide tunggal dan disugestikan oleh orang yang menghipnotis.

"Pada kondisi tersebut imajinasi, kepercayaan, dan harapan lebih intens dibandingkan dengan kondisi kesadaran normal," kata Widodo seperti dikutip dari laman Undip, Senin (17/1/2022).

Sedangkan hipnoterapi merupakan teknik terapi pikiran dan penyembuhan yang menggunakan metode hipnosis untuk memberikan sugesti atau perintah positif pada pikiran bawah sadar.

Hal ini bertujuan untuk penyembuhan suatu gangguan psikologis atau untuk mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku jadi lebih baik.

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Vokasi USMI IPB 2022 Sudah Dibuka, Simak Infonya

Widodo menekankan, hipnoterapi memberikan sugesti atau perintah yang positif. Hal ini yang membedakan antara hipnoterapi dengan gendam.

"Sebenarnya hipnoterapi atau medical hypnosis termasuk dalam teknik psikoterapi yang diajarkan pada ilmu yang mengarah pada pikiran, perasaan, dan perilaku baik itu di psikologi dan di psikiatri," papar Widodo.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.