Dukung Literasi dan Penelitian Zakat, Uhamka Raih Anugerah "Baznas Award 2022"

Kompas.com - 17/01/2022, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih anugerah Baznas Award 2022 untuk kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat pada Senin, 17 Januari 2022.

Penghargaan ini diperoleh Uhamka yang dinilai aktif dalam menyelenggarakan kegiatan yang mendukung literasi zakat serta berkolaborasi dalam menghasilkan penelitian terkait zakat di Indonesia.

Penilaian menggunakan indikator Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian yang bersifat kuantitatif dan kualitatif.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini merupakan kegiatan rutin dalam memperingati HUT ke-21 yang tahun ini mengusung tema "Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Ummat".

 

Melalui rilis yang diterima Kompas.com (17/1/2022), Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan, Uhamka memiliki visi mengusung propethic teaching university tahun 2024 dan sudah seharusnya terlibat dalam pengembangan nilai-nilai kerasullan, salah satunya melalui literasi zakat.

"Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada semua pihak di lingkungan Uhamka, dosen yang telah meningkatkan penelitian dan pengabdiannya diantaranya tentang literasi zakat," ungkap Prof. Gunawan,

Terkait penganugrahan Baznas Award 2022 untuk kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat, Rektor Uhamka menilai hal ini sejalan dengan salah satu dari tiga nilai keutamaan Uhamka yakni kepedulian atau compassion.

"Uhamka dibangun dengan semangat kepedulian, baik itu dosen, karyawan dan mahasiswa harus memiliki jiwa untuk selalu peduli," tegas Prof. Gunawan lebih lanjut.

Baca juga: Ramadhan, Zakat, dan Spirit Perubahan Sosial

Dari literasi zakat hingga pengabdian masyarakat

Lebih jauh ia menyampaikan, sebagai perguruan tinggi Islami terbaik di Indonesia yang dimiliki Muhammadiyah, Uhamka tidak hanya memberikan literasi tapi juga melakukan praktik langsung melalui lembaga-lembaga yang dimiliki.

Melalui Lazismu Uhamka melakukan pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah yang sudah mencapai milyaran rupiah.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.