Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Eksis Selama Pandemi, Svara Prasetiya Raih Gold Medal di 2nd World Virtual Choir Festival

Kompas.com - 17/01/2022, 12:22 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Student Activity Club (SAC) Paduan Suara Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul), yaitu Svara Prasetiya, memenangkan penghargaan Gold Medal kategori Pop and Jazz dalam ajang 2nd World Virtual Choir Festival 2020, Minggu (6/12/2020).

Sebagai informasi, kompetisi yang yang diadakan Bandung Choral Society tersebut diikuti oleh 62 peserta dari berbagai negara, mulai dari Malaysia hingga Polandia.

Juri 2nd World Virtual Choir Festival 2020 asal Filipina, Mark Anthony Carpio memuji dan mengapresiasi Svara Prasetiya atas energi, koreografi, dan ekspresi wajah para anggota dalam menyanyikan lagu “Don’t Stop Me Now” dari grup band legendaris dunia Queen.

Menurut Caprio, para anggota Svara Prasetiya mampu menunjukkan bahwa mereka menikmati proses penampilan.

Video penampilan Svara Prasetiya melantunkan lagu “Don’t Stop Me Now” dari Queen kemudian diunggah di kanal YouTube Tommyanto Kandisaputra selaku Artistic Director of The 2nd World Virtual Choir Festival 2020, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: Horizon Radio, Media Hiburan Asyik Anak-anak Prasmul

Menanggapi hal tersebut, Chairman Svara Prasetiya Adeline Sulistyo mengaku sangat senang dan bangga mendapatkan Gold Medal kategori Pop and Jazz.

“Walaupun vibes-nya berbeda, tentunya kami senang banget bisa mendapatkan medali emas. Kami juga jadi lebih termotivasi, ternyata kami masih memiliki eksistensi di dunia paduan suara,” ujarnya, seperti dilansir Kompas.com dari Ceritaprasmul.com, Rabu (6/1/2021).

Eksistensi di tengah pandemi

Tangkapan layar video cover lagu Manusia Kuat dari Tulus yang dibawakan oleh Svarra PrasetiyaDOK. YouTube Svara Prasetiya Tangkapan layar video cover lagu Manusia Kuat dari Tulus yang dibawakan oleh Svarra Prasetiya

Keikutsertaan dalam ajang kompetisi paduan suara internasional itu berawal dari upaya Svara Prasetiya untuk beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

Adeline Sulistyo yang akrab disapa Adel itu juga mengatakan, ia sempat merasa terpuruk dan bingung setelah seluruh kegiatan mahasiswa di kampus terpaksa diberhentikan akibat pandemi Covid-19.

“Biasanya, Svara menjadi tempat untuk melepas penat setelah perkuliahan. Para anggota bisa bertemu, bercanda, dan latihan bareng-bareng,” kata Adel.

Karena ingin tetap mengirimkan pesan positif dan memotivasi para anggota, Svara Prasetiya membuat proyek pertama sejak pandemi Covid-19 dengan membawakan lagu berjudul “Manusia Kuat” dari Tulus.

Baca juga: Dukung Kebangkitan Pariwisata, Prasmul Siap Rilis Aplikasi Touree.id

Video cover lagu “Manusia Kuat” itu diunggah di kanal YouTube resmi Svara Prasetiya pada Selasa (14/4/2020).

Adel mengatakan, setiap bulan Svara Prasetiya selalu mengadakan pertemuan virtual untuk memberikan sense of belonging dan keakraban yang biasanya didapatkan dari sesi latihan langsung di kampus.

“Di masa sekarang, kita harus lebih peka dan aware dengan kondisi setiap anggota. Kita nggak tahu apa yang sedang mereka lewati,” ujarnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com