Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSA UGM: Begini Metode Pengobatan Varises

Kompas.com - 14/01/2022, 16:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seseorang yang memiliki varises tentu menjadikan tidak percaya diri. Selain tak sedap dipandang, jika dibiarkan terus menerus juga tidak baik.

Sebenarnya apa itu varises? Melansir laman Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), Selasa (11/1/2022), ini penjelasannya.

Varises adalah suatu kondisi pelebaran pembuluh darah vena (pembengkakan) karena penumpukan darah yang menerus pada bagian tertentu akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah.

Baca juga: RSA UGM: Seperti Ini Penanganan Pasien Diabetes Melitus

Pada dasarnya varises suatu gejala yang muncul karena ada suatu penyakit yang dinamakan chronic venous insufficiency atau kebocoran pada pembuluh darah vena yang kronis dan menahun.

Biasanya sifatnya progresif gejalanya, baik lebar varises maupun berat varises. Yang paling berbahaya akan memunculkan luka pada kaki.

Karena itu, tindakan EVLA merupakan salah satu alternatif penanganan varises yang menjadi unggulan di Rumah Sakit Akademik UGM.

EVLA (Endovenous Laser Ablation) adalah sebuah metode pada penanganan varises dengan memanfaatkan teknologi laser untuk memulihkan kondisi pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan sehingga dapat meminimalisir tindakan invasive bedah.

Alur penanganannya

Persiapan

Dokter Spesialis Bedah Thorax Kardiak dan Vaskuler akan melakukan assesment, diagnosis dan evaluasi kondisi pasien untuk menentukan tidakan medis yang akan di lakukan.

Baca juga: Ortu di DIY, RSA UGM Buka Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Nantinya, pasien akan menjalani rawat inap 2 hari untuk melakukan cek lab di hari pertama dan akan operasi di hari kedua.

Tindakan

Untuk operasinya dengan metode EVLA. Sebelum dilakukan operasi pasien akan dilakukan bius spinal atau dipati roso di bagian punggung.

Sehingga bagian bawah kaki tidak akan terasa, selain itu kita juga suntikkan cairan pendingin di area pembuluh darah yang dibantu dengan USG (Ultrasonography) untuk dilakukan mapping atau melihat pembuluh darah.

Di sekitarnya akan diberi cairan es dengan tujuan tidak mencederai jaringan di sekitarnya dan menyumbat pembuluh darah yang melebar saat dilakukan laser. Prosedur penanganan selesai.

Pemulihan pasca operasi

Setelah operasi dilakukan pasien tinggal menunggu obat bius habis dan proses pemulihan atau recovery paska operasi hanya membutuhkan 4-5 jam setelahnya dan pasien dapat berjalan dan beraktifitas seperti biasa.

Setelah itu, hasil operasi EVLA akan dirasakan 1 sampai 2 minggu ke depan. Hanya saja, jangan pernah anggap remeh penyakit varises agar tidak mengganggu aktifitas Anda.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Ini yang Harus Dilakukan jika Omicron Datang

Sebaiknya konsultasikan mulai sekarang bersama Dokter Spesialis Bedah Thorax Kardiak dan Vaskuler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com