Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2022, 15:12 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pendidikan yang ditempuh siswa SMA dan SMK tentu berbeda. Siswa SMK dibimbing dengan keterampilan dan siap untuk terjun ke dunia kerja.

Meski setelah lulus bisa langsung bekerja, banyak pula siswa SMK yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Jika kamu tertarik mencoba mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) baik dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN), ada beberapa referensi jurusan yang cocok bagi siswa SMK.

Kamu juga bisa memilih jurusan kuliah yang linier dengan keahlian sebelumnya.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Jumat (14/1/2022), berikut 10 jurusan yang cocok dan bisa dipilih siswa SMK saat mendaftar di perguruan tinggi.

Baca juga: Anak Usaha United Tractors Buka Lowongan Kerja S1, Buruan Daftar

1. Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah jurusan Arsitektur. Saat berada di bangku SMK, kamu sudah mempelajari teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad.

Di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa kamu pilih seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, kamu juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

Baca juga: Dosen UGM Bagikan Tips Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi

2. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin cocok dipilih bagi kamu siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan bidang permesinan sehingga akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+