Kompas.com - 13/01/2022, 18:11 WIB
Tangkapan layar berita media Turki soal Mesut Ozil ke Rans Cilegon FC screenshootTangkapan layar berita media Turki soal Mesut Ozil ke Rans Cilegon FC
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belakangan, pecinta bola tanah air digegerkan dengan rumor Raffi Ahmad yang berniat memboyong pemain bola internasional Mesut Ozil ke Rans Cilegon.

Keinginan Raffi itu pun menghadirkan pro kontra.

Baca juga: Tren Adopsi Spirit Doll, Ini Kata Pakar Unair

Banyak yang berharap asa itu terwujud, tapi tak sedikit pula yang skeptis akan keinginan Raffi Ahmad itu.

Adanya rumor itu membuat Dosen Komunikasi Bisnis Unair Dina Septiani angkat suara.

Menurut dia, apabila Raffi Ahmad berhasil mendatangkan Mesut Ozil, maka dapat dipastikan popularitas dan value Rans Cilegon akan meningkat.

"Potensi pasar olahraga di Indonesia ini sebenarnya tergolong tinggi. Kedatangan Mesut Ozil, pemain dengan market value yang besar tentu akan berpotensi meningkatkan revenue Rans Cilegon," kata dia melansir laman Unair, Kamis (13/1/2022).

Mesut Ozil yang kini bermain untuk klub Fenerbahce Turki diketahui memiliki harga pasaran sekitar 3,7 juta euro atau sekitar Rp 60,1 miliar.

Baca juga: 10 PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Padahal nilai gaji itu lebih kecil 80 persen dari gajinya selama di Arsenal dulu.

Dina menerangkan, dalam bidang sport marketing, kehadiran sosok pemain yang berprestasi dapat berdampak pada citra dan nilai klub, tim, hingga markas atau lokasi klub berada.

Dina mencontohkan pada kuatnya sport marketing di Eropa yang mampu menaikkan pamor markas-markas klub sepak bola, seperti Stadion Santiago Bernabeu di Spanyol atau Stadion Old Trafford di Inggris.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.