Kompas.com - 12/01/2022, 14:32 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menindaklanjuti hasil evaluasi Zona Integritas di lingkungan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) 2021. Kini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membawa rangkaian rencana aksi baru guna memperkuat komitmen sebagai kampus bebas korupsi.

Sebagai simbol perwujudan tekad kuat ITS, maka dilakukan penandatanganan lembar komitmen bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Baca juga: Yuk Cermati 7 Ketentuan Seleksi SNMPTN 2022

Penandatanganan lembar komitmen ini dihadiri oleh Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari, Dekan FSAD ITS Prof. Hamzah Fansuri, Wakil Dekan sekaligus Ketua Tim Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (RBZI) FSAD ITS Prof. Mardlijah, serta jajaran pimpinan ITS lainnya.

Hamzah menyatakan, rencana aksi yang telah disusun, didukung dengan dokumen yang sudah ditentukan dalam peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Kami memiliki target untuk menaikkan nilai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi ITS, dengan cara meningkatkan capaian pada komponen yang mana pada tahun lalu dinilai masih belum maksimal," ungkap dia.

Pasalnya, ITS baru mendapat nilai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi sebesar 85,62 di 2021.

Dengan capaian tertinggi berada pada komponen Kualitas Pelayanan Publik (Survey Eksternal) yang mendapatkan nilai maksimal sebesar 20 poin.

Baca juga: Ini Daftar 8 Kampus Termahal di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Lihat

Adapun capaian yang masih dapat dimaksimalkan lagi berada pada komponen Penguatan Pengawasan dengan capaian 9,10 poin dari nilai maksimal 15 poin.

Lanjut Hamzah menjelaskan, ITS menekankan rencana aksi Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi 2022 pada tiga area.

Yakni, manajemen perubahan, penataan tata laksana, dan penguatan pengawasan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.