Kompas.com - 11/01/2022, 18:53 WIB
Ilustrasi spirit doll ramai diperbincangkan netizen. Sejumlah publik figur, seperti beberapa artis diketahui telah memelihara dan merawat boneka ini. UnsplashIlustrasi spirit doll ramai diperbincangkan netizen. Sejumlah publik figur, seperti beberapa artis diketahui telah memelihara dan merawat boneka ini.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Spirit doll atau boneka arwah masih menjadi topik yang ramai diperbincangkan warganet di media sosial belakangan ini.

Awal mulanya, salah satu Desainer Tanah Air, Ivan Gunawan mempublikasikan foto dua spirit doll yang dianggap sebagai 'anaknya' ke Instagram sejak Desember 2021.

Baca juga: Tren Adopsi Spirit Doll, Ini Kata Pakar Unair

Desainer yang diketahui masih melajang itu memperlakukan dua spirit doll miliknya seperti bayi manusia sungguhan, termasuk membuatkannya akun Instagram pribadi.

Karena perilaku desainer tersebut dinilai tidak biasa dan ganjil, banyak warganet sampai heran dan ikut mengkritik.

Bahkan, Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Tri Rejeki Andayani sampai buka suara menanggapi fenomena ini.

Dia mengatakan, sebenarnya memiliki spirit doll termasuk berbentuk bayi adalah hal yang wajar asal dimanfaatkan sebagai media latihan untuk mengasuh anak.

Setidaknya dengan keberadaan spirit doll, orang-orang bisa menyiapkan diri sebelum memiliki anak sesungguhnya.

"Bagi orang dewasa, memelihara spirit doll dan merawatnya selayaknya 'bayi' masih wajar. Bahkan hal itu bisa dimanfaatkan untuk media praktik bagi mahasiswa kebidanan atau keperawatan," ungkap dia melansir laman UNS, Selasa (11/1/2022).

Dia menjelaskan, boneka apa pun bagi anak-anak termasuk spirit doll bisa menjadi sarana bermain pura-pura atau pretend play.

Baca juga: Polemik Spirit Doll di Tengah Masyarakat, Ini Tanggapan Pakar UGM

Pretend play yang dimaksud adalah anak yang memainkan spirit doll bisa berperan sebagai ibu atau kakak yang sedang mengasuh bayi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.