Kompas.com - 10/01/2022, 16:44 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), mahasiswa Indonesia bisa merasakan melanjutkan kuliah di universitas luar negeri.

Bisa lolos seleksi program IISMA tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa yang terpilih.

Selain bisa menambah pengetahuan dan merasakan pendidikan di negara lain, penerima beasiswa IISMA juga pasti akan mendapatkan pengalaman seru selama tinggal di luar negeri.

Seperti yang dirasakan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Jonathan Mark Hamonangan, salah satu penerima awardee IISMA di University of Padua, Italia.

Baca juga: Simak 7 Langkah Cara Buat Akun LTMPT untuk Ikut SNMPTN 2022

39 perpustakaan di University of Padua, Italia

Salah satu kegiatan yang dilakukan Jonathan saat berada di kampus adalah datang ke perpustakaan. Tapi jangan salah, University of Padua tidak hanya memiliki 1 atau 2 perpusatakaam saja.

University of Padua memiliki 39 perpustakaan yang bisa diakses oleh mahasiswa dan warga setempat. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair ini mengatakan, dalam bahasa Italia perpustakaan disebut dengan biblioteca.

Università degli Studi di Padova atau University of Padua, memiliki 39 perpustakaan yang tersebar di Veneto. Perpustakaan biasanya berada pada wilayah kampus. Pemuda yang akrab disapa Jo ini menerangkan, selama berada di Italia, dia sudah mengunjungi beberapa perpustakaan yang terletak di beberapa fakultas berbeda.

Yaitu fakultas seni budaya, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Geofisika, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Psikologi.

Baca juga: LOréal Indonesia Buka Program Magang bagi Mahasiswa S1-S2

Habiskan waktu di perpustakaan hingga diusir petugas

Biblioteca favorit saya untuk belajar ada dua, yaitu Fakultas Sastra (Biblioteca Beato Pellegrino) dan Fakultas Seni Budaya (Biblioteca Liviano). Biblioteca Liviano terletak disebelah salah satu tempat favorit lokal dan turis yang berkunjung di Padova, yaitu Piazza dei Signori.

"Disana ada Torre dell’Orologio, sebuah menara jam yang dihiasi dengan lambang-lambang zodiak," ungkap Jo seperti dikutip dari laman Unair, Senin (10/1/2022).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.