Kompas.com - 10/01/2022, 16:32 WIB
Ilustrasi es teh. SHUTTERSTOCK/ELENA SHASHKINAIlustrasi es teh.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KPOMPAS.com - TikTok memang menjadi 'surga' bagi banyak makanan/minuman viral. Usai permen dalgona booming beberapa waktu lalu, kini giliran es teh jumbo yang berhasil menguasai FYP TikTok.

Viralnya es teh jumbo di TikTok ini bermula dari ide kreatif sejumlah pengguna yang membuat video klip parodi Noah "Yang Terdalam".

Baca juga: Viral Artis Adopsi Spirit Doll, Ini Kata Pakar UNS

Berbeda dengan versi remake yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan, pengguna TikTok justru merekam dirinya sendiri berjalan di trotoar sambil menenteng es teh jumbo dalam bungkus plastik literan.

Walau es teh jumbo yang viral di TikTok tampak menyegarkan, ternyata mengonsumsi minuman ini, apalagi dengan tambahan gula tidak baik bagi kesehatan, lho!

Hal ini dijelaskan oleh Ahli Gizi Rumah Sakit (RS) UNS, Asyari Mia Lestari.

"Kandungan tanin dan polifenol dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi pada makanan. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia," ucap dia melansir laman UNS, Senin (10/1/2022).

Sedangkan kandungan gulanya, Mia memperkirakan dalam satu bungkus es teh jumbo yang berisi 2-3 liter mengandung 12-18 sendok makan gula atau setara 120-180 gram.

Takaran ini disebut Mia melebihi ajuran asupan gula yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Oleh sebab itu, ia menilai es teh jumbo dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit diabetes melitus karena kandungan gula yang tinggi.

Baca juga: Harga Telur Ayam Naik Tinggi, Ini Penyebabnya Menurut Pakar IPB

"Batasan konsumsi gula tidak boleh lebih dari 50 gram atau setara 4 sendok makan sehari," ujar Mia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.