Kompas.com - 10/01/2022, 15:07 WIB
|

KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan teknologi, kini industri game jumlahnya sangat banyak. Karenanya, hal ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan industri tersebut.

Terkait hal itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi resmi melakukan penandatangan kerja sama dengan PT LX Internasional Indonesia, Asosiasi Game Indonesia (AGI), serta Cipta Karsa Adikarya (Cakra), Rabu (5/1/2022).

Kerja sama tersebut dilaksanakan guna mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di bidang industri game.

Baca juga: Tertarik Kuliah D4? Yuk Intip 21 Prodi Sekolah Vokasi UGM

Ajak industri terlibat link and match

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, dengan terjalinnya kerja sama tersebut merupakan komitmen dari pendidikan vokasi untuk mengajak industri agar terlibat dalam link and match dengan pengembangan ekosistem pendidikan vokasi.

"Industri itu mau berpartisipasi terlibat dengan teaching factory. Ujungnya, ya, bikin games," ujar Wikan seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

Dia menyatakan, kerja sama ini dipadukan dengan berbagai program yang ada di Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (Dit. APTV) dan Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (Dit SMK).

"Sehingga, saya memberikan tantangan untuk minimal bisa menghasilkan 5 sampai 10 games," tutur Wikan.

Ke depan, Indonesia butuh 15 juta coding engineer

Direktur PT LX Internasional Indonesia, Michael Choi yang telah menganalisa seiring berkembangnya industri digital dan game, diperkirakan Indonesia dalam waktu yang akan datang tentu memerlukan SDM unggul di bidang industri game.

"Memang tujuan kerja sama kami di bidang pendidikan ingin menciptakan coding engineer untuk masa depan Indonesia. Karena menurut analisa kami dalam 5 sampai 10 tahun ke depan, Indonesia akan memerlukan 15 juta coding engineer," terangnya.

Dikatakan, pihaknya juga telah melakukan uji coba selama setahun bersama SMK-SMK khususnya yang ada di wilayah Jawa dalam mengembangkan industri games.

Baca juga: Webinar Robot Pendidikan: Lulusan Vokasi Harus Siap Kerja di Dunia Industri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.