Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ingin Belajar ke Luar Negeri? Mahasiswa Prasetiya Mulya Bagikan Tipsnya

Kompas.com - 10/01/2022, 11:58 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menimba ilmu di institusi terbaik dunia adalah dambaan banyak pelajar, terlebih jika disokong oleh beasiswa.

Selain mendapat kesempatan belajar, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari meraih pendidikan tinggi, seperti prestasi diri dan relasi.

Kesempatan besar tersebut juga turut dirasakan oleh delapan mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul). Mereka telah ditetapkan lolos seleksi beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Mendengar kabar itu, para mahasiswa Prasmul tidak hanya merasakan kegemberiaan tetapi juga harus mempertimbangkan banyak keputusan sebelum akhirnya menentukan program studi hingga institusi.

Baca juga: Berbekal Niat Bantu Petani, Alumnus Prasmul Ini Sukses Masuk Forbes 30 Under 30 Asia

Untuk diketahui, kabar gembira tersebut berawal pada Senin (14/6/2021), delapan mahasiswa Universitas Prasmul dikabarkan akan mengampu pembelajaran di universitas terkemuka di dunia selama satu semester ke depan.

Adapun delapan mahasiswa tersebut adalah Adam Azis Berlian jurusan S1 Business 2019, Artstein Dhimathera dan Ferdyanto Tjhai jurusan S1 Business Economics 2018, Angelique Allison dan Felicya Irenea Darmawi jurusan S1 Business Mathematics 2019.

Mahasiswa berikutnya adalah Christine Olivia, dan Vincentius Christopher Calvin jurusan S1 Business Mathematics 2018, serta Zaida Jameela Heinrich dari jurusan S1 Renewable Energy Engineering 2018.

Baca juga: Skor TOEFL Tidak Tinggi? Bisa Coba Daftar Beasiswa ke 3 Negara Ini

Penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.DOK. Humas Universitas Prasetiya Mulya Penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.
 
Prasmulyan penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.DOK. Humas Universitas Prasetiya Mulya Prasmulyan penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Tak hanya menggembirakan, kabar itu juga turut membanggakan civitas Universitas Prasetiya Mulya, sekaligus menjadi pencapaian personal para mahasiswa.

Bagaimana tidak, riset dari universitas di Amerika Serikat (AS) menyatakan, belajar di luar negeri terbukti memberikan pengaruh positif bagi pelajar, pada aspek akademis, sosial, dan budaya.

Dampaknya dari pengalaman itu pun berjangka panjang, karena pelajar luar negeri memiliki kemungkinan lebih besar untuk memperoleh kesempatan karier luas, mempertajam beragam soft skills, dan memperluas network.

Simak sejumlah tips dan cerita dari para mahasiswa Universitas Prasmul yang berhasil lolos beasiswa IISMA 2021, dilansir dari ceritaprasmul.com, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Mahasiswa Sastra Jepang, Ada Beasiswa ke Negeri Sakura Selama 1 Tahun

1. Duolingo, alternatif skor TOEFL

Ketika waktu seleksi mendekati deadline, skor english proficiency test seperti Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Test System (IELTS) dapat menjadi hambatan.

Untungnya, mahasiswa jurusan S1 Business 2019 Adam Azis Berlian mampu mencari jalan keluarnya dengan mengikuti Duolingo yang dapat diproses dalam dua hari saja.

Awalnya, ia semula hendak memilih universitas di Jepang, tetapi terhalang karena tak semua institusi menerima tes Duolingo.

Baca juga: Skor TOEFL Tidak Tinggi? Bisa Coba Daftar Beasiswa ke 3 Negara Ini

“Aku tetap saranin banget buat ambil aja tes IELTS atau TOEFL, karena nggak semua universitas menerima hasil tes dari Duolingo, dan kesempatan study abroad bisa datang kapan aja,” ujar mahasiswa kandidat student abroad di Yonsei University itu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com