Kompas.com - 08/01/2022, 13:27 WIB
|

KOMPAS.com - Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia. Kementerian Kesehatan menyebut ada beberapa penyebab penyakit kanker, seperti perilaku hidup tidak sehat, merokok dan beberapa faktor lain.

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) mengadakan kuliah umum dan menghadirkan Prof. Frank Roesl dari German Cancer Research Center, Hidelberg.

Prof. Frank dalam kuliah umum itu menyampaikan tema penelitian berjudul Reversion of Cancer: Concepts and Strategies.

Prof. Roesl menerangkan, tahun 2021 masih banyak ditemukan kasus kanker. Pada tahun 2020, terdapat kasus baru sebanyak 9,2 juta per tahun pada perempuan dengan mortalitas 4,4 juta.

Baca juga: Ini Dampak Positif dan Negatif Anak Diasuh Lansia Menurut Dosen Unair

Laki-laki lebih berisiko kena kanker

Sedangkan pada jenis kelamin laki-laki terdapat kasus baru sebanyak 10,1 juta per tahun dengan mortalitas 5,5 juta. Bisa dikatakan pria lebih berisiko terkena kanker.

"Penyebab dari kanker adalah secara endogen dan eksogen. Kanker karena endogen disebabkan oleh kecenderungan genetik seperti kanker kolon serta kanker payudara, inflamasi kronik yang disebabkan datangnya penyakit yang dapat mengubah sel menjadi sel kanker," papar Prof. Roesl seperti dikutip dari laman ITB, Sabtu (8/1/2022).

Menurutnya, kanker karena eksogen dapat terjadi akibat zat karsinogenik seperti kanker kulit melanoma, iradiasi oleh sinar UV yang menyebabkan kanker kulit melanoma, dan infeksi oleh virus.

Menurutnya, pada saat ini kontribusi kanker tahunan akibat infeksi adalah 20 persen. Dia menekankan, konsep yang perlu dipahami adalah kanker merupakan proses bertahap.

"Yaitu normal menuju inisiasi, menjadi pre-cancer yang bertahap mulai dari mild, moderate, severe, sampai cis, dan akhirnya menjadi kanker," tandas Prof. Roesl.

Baca juga: Super Air Jet Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Yuk Daftar

Penyebab kanker bervariasi

Dia menambahkan, penyebab dari kanker dapat bervariasi, bentuk dari kanker juga dapat bervariasi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.