Kompas.com - 08/01/2022, 13:23 WIB
|

KOMPAS.com - Para dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini patut berbangga. Sebab, tim dosen Program Studi Teknik Elektro (TE) UMY tersebut bakal berkolaborasi dengan PT Industri Kereta Api (INKA) Persero.

Tim dosen UMY itu berhasil mendapatkan Pendanaan Riset Inovatif Produktif (Rispro) Invitasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Rispro Invitasi adalah program pendanaan riset yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk/teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi dengan melalui mekanisme undangan.

Baca juga: Mahasiswa UMY Inovasi Limbah Kulit Bawang Jadi Sabun Herbal

Adapun tim dosen tersebut ialah Dr. Ir. Ramadoni Syahputra, S.T., M.T., Kunnu Purwanto, ST., M.Eng., dan Muhamad Yusvin Mustar, ST., M.Eng.

Bangga ikut riset bergengsi

Ketua tim penelitian, Ramadoni Syahputra mengaku sangat senang dan bersyukur.

"Pertama kali saya mendapatkan kabar melalui WA langsung dari tim LPDP saya senang sekaligus saya merasa punya rasa tanggung jawab besar karena riset LPDP ini sangat bergengsi di kalangan akademisi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/1/2022).

Menurut dia, hal ini bukan kali pertama untuk mengajukan proposal riset ke LPDP. Sebab, sebelumnya ia pernah mengajukan proposal riset di 2016 dan 2019.

"Jadi sebenarnya sebelum ini saya sudah mengajukan proposal riset pada tahun 2016 dan tahun 2019 namun dalam prosesnya harus terhenti pada seleksi substansif karena dalam hal ini mitra yang diaggap belum memenuhi kriteria, dan alhamdulillahnya kali ini justru dapat undangan," terang dosen yang akrab Doni ini.

Doni menyebutkan bahwa mitra yang digandeng dalam riset ini adalah PT INKA Persero, sehingga riset ini memang berfokus pada pembuatan produk kereta api.

Jadi sebelum dinyatakan lolos mendapat pendanaan riset, perguruan tinggi yang mendapat undangan diberikan sosialisasi dari PT INKA juga dari Tim LPDP.

Baca juga: UMY Kirim Relawan Bantu Bencana Erupsi Gunung Semeru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.