Kompas.com - 07/01/2022, 15:57 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor IPB Prof. Arif Satria mengapresiasi kinerja, karya, dan prestasi semua unit karena telah bekerja keras dalam memajukan IPB.

"Alhamdulillah tahun 2021 ini luar biasa. Di tengah pandemi Covid-19, kita masih terus bergairah, aktif dan produktif, serta bisa beradaptasi terhadap perubahan yang saat ini telah terjadi," ujar dia melansir laman IPB, Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Harga Telur Ayam Naik Tinggi, Ini Penyebabnya Menurut Pakar IPB

Prof. Arif memberikan pandangan terkait capaian secara kuantitatif yang dievaluasi dengan sistem manajemen kinerja (SIMAKER).

"Indikator kinerja dinilai dari kualitas lulusan, reputasi, kualitas manajemen, kontribusi dan kinerja dosen. Pada posisi ini, capaian kinerja IPB tahun 2021 sebesar 79.23 persen karena ukurannya kita rombak total dengan menyesuaikan Indikator Kinerja Utama (IKU)," ucap dia.

Prof. Arif menjelaskan, indikator kinerja yang pertama yakni kualitas lulusan.

Menurut dia, persentase lulusan yang melanjutkan studi, mendapatkan pekerjaan atau menjadi wiraswasta dengan penghasilan cukup mencapai 34.84 persen.

Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan rekrutmen dan lapangan kerja menjadi terbatas.

"Sedangkan untuk jumlah prestasi mahasiswa pada kejuaran tingkat nasional maupun internasional mencapai 1.585 atau sekitar 417.11 persen, melebihi dari target yang hanya sebesar 380 prestasi," jelas dia.

Baca juga: Orangtua, Ini Persiapan Anak Jelang Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, lanjutnya, tentang reputasi peringkat IPB di QS World University Ranking by Subject (Agriculture and Forestry) berada di ranking 62.

Untuk kualitas manajemen, jumlah program studi (prodi) IPB yang terakreditasi internasional, baru 17 dari target sebanyak 28 prodi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.