Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Calon Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 07/01/2022, 15:46 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ilmu komunikasi merupakan salah satu pilihan jurusan perguruan tinggi yang populer di Indonesia.

Bukan tanpa alasan hal itu terjadi. Pasalnya, ilmu komunikasi telah menjadi induk dari berbagai cabang studi, seperti jurnalistik, public relation, advertising, hingga film dan televisi.

Di jurusan ilmu komunikasi, mahasiswa akan diajarkan bagaimana proses penyampaian pesan yang efektif dari komunikator kepada komunikan agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Jika memilih jurusan ilmu komunikasi, mahasiswa akan diarahkan untuk mengambil salah satu cabang ilmu yang paling diminati, misalnya digital public relations dan digital broadcasting media.

Adapun saat lulus nanti, mahasiswa akan meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom).

Baca juga: 4 Periode Perkembangan Ilmu Komunikasi

Bagi yang masih ragu untuk memilih jurusan ilmu komunikasi di perguruan tinggi, berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

Ilmu yang akan dipelajari dan skill yang harus dimiliki

Mahasiswa semester pertama atau mahasiswa baru umumnya akan mendapatkan mata kuliah umum, seperti pengantar pengantar ilmu komunikasi, multimedia, creative and critical thinking, fotografi, dan lainnya.

Selanjutnya, saat sudah memasuki semester ketiga, mahasiswa dapat memilih konsentrasi atau peminatan cabang ilmu komunikasi yang diinginkan. Masing-masing universitas memiliki cabang minat beserta kebijakan tersendiri.

Sebagai contoh, beberapa konsentrasi mata kuliah yang bisa dipilih mahasiswa antara lain dasar-dasar humas, online journalism, penulisan naskah, public relations, creative video digital, event management, dan sebagainya.

Sementara itu, dalam kuliah ilmu komunikasi, mahasiswa wajib memiliki kemampuan atau skill public speaking yang baik. Sebab, skill ini merupakan dasar dan modal yang penting bagi mahasiswa ilmu komunikasi.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Bergaji Tinggi

Untuk diketahui, public speaking adakah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang.

Selain kemampuan public speaking, mahasiswa ilmu komunikasi juga perlu memiliki skill marketing dan mempelajarinya di bangku kuliah.

Ilmu marketing akan mengajarkan mahasiswa tentang sistem penjualan secara umum berdasarkan unsur-unsur pemasaran.

Kemampuan lain yang tak kalah penting bagi mahasiswa ilmu komunikasi adalah fotografi, videografi, penulisan berita, dan desain grafis. Skill ini akan menunjang kebutuhan mahasiswa dalam berkarya di perguruan tinggi.

Tak hanya itu, sama seperti mahasiswa pada umumnya, jurusan ilmu komunikasi juga akan mengajarkan cara melakukan riset, mengolah data, bersikap kritis, dan melakukan analisis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com